Program BT-PKLWN, Menko Airlangga: TNI Dibutuhkan Dukung Kebijakan Pemerintah

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan TNI sebagai komponen bangsa dibutuhkan untuk mendukung kebijakan pemerintah saat pandemi secara lebih luas.

“Peran TNI sebagai komponen bangsa sangat dibutuhkan untuk mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah, baik dalam rangka penanganan pandemi maupun dalam isu-isu lain yang lebih luas,” kata Menko Airlangga Hartarto yang hadir secara virtual dalam Rapat Koordinasi Teritorial (Rakorter) TNI tahun 2022, di Jakarta, Selasa.

Pada tahun 2021 pemerintah melaksanakan Program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) yang disalurkan melalui TNI dan Polri. Menko Airlangga mengatakan penyaluran bantuan tersebut mencapai 100 persen dalam waktu yang relatif singkat.

Pemerintah kembali melanjutkan program BT-PKLW dengan memperluas dan menambah target penerima yakni nelayan sehingga nama program menjadi Program BT-PKLWN. Program BT-PKLWN menyasar 212 kabupaten dan kota yang masuk dalam roadmap Program Pengentasan Kemiskinan Ekstrem yang ditargetkan mendekati 0 persen di tahun 2024.

“Program BT-PKLWN tahun 2022 telah di-launching pada tanggal 14 Maret 2022 di Kabupaten Manggarai Barat, NTT dan diharapkan pelaksanaan program ini paling lambat diselesaikan dalam empat bulan ke depan,” ujar Menko Airlangga Hartarto.

Kepada para anggota TNI, terutama yang berada di garis terdepan yang melakukan pendataan terkait dengan BT-PKLWN, Menko Airlangga berharap agar tetap melakukan proses pendataan baik secara transparan, kehati-hatian, dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Komentar