Suplai Tak Dikurangi, Zulhas Bantah Harga Minyakita Naik Di Pasaran

JurnalPatroliNews – Depok – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membantah adanya kenaikan harga Minyakita di pasaran. Namun, ia membenarkan bahwa pasokan di pasar saat ini berkurang.
Menurut pria yang akrab disapa Zulhas itu, pasokan berkurang karena kini masyarakat beralih ke Minyakita.

Ia menegaskan bukan berarti suplai ke pasar yang dikurangi. “Minyakita nggak naik (harganya), cuma sekarang ini menjadi favorit. Semua orang ambilnya Minyakita, jadi di pasar berkurang bukan berarti suplainya berkurang. Kalau orang semua beli minyak gorengnya Minyakita, jadi apa namanya barangnya laris,” kata Zulhas setelah blusukan di Pasar Cisalak, Cimanggis, Kota Depok, Sabtu (28/1/2023).

Zulhas juga mengungkap beralihnya masyarakat ke Minyakita karena pasokannya mudah ditemukan. Selain di pasar, ritel modern juga menyediakan Minyakita. “Sebetulnya Minyakita itu kan untuk ibu-ibu, setelah di-packing bagus semua orang beli. Di ritel modern juga ada, di mana mana juga ada. Tentu harga-harga dibanderol pemerintah. Sekarang semua orang beli dan barangnya menjadi berkurang,” ungkapnya.

Ia memastikan ke depan suplai Minyakita akan ditambah. Hal ini seiring dengan rasio ekspor minyak kelapa sawit yang telah dikurangi pemerintah. “Tetap kita akan tambah pasokan, sekarang DMO-nya sudah saya turunin tadinya 1:9 menjadi kalau kirim satu, ekspor 9, sekarang nggak. Penuhi pasokan dalam negeri 1 ekspornya 6. Mudah-mudahan jadi nambah lagi pasokannya (minyakita),” jelasnya.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan rekan media di Pasar Ciputat, Tangerang Selatan, salah satu pedagang sembako, Saras mengatakan ia sempat mendapat komplain dari pembeli lantaran harga Minyakita sudah menembus Rp 16.000/liter. “Yang beli ada yang komplain ada yang nggak. ‘Kan di situ harganya Rp 14.000 kok jualnya segitu?’ Ya dari sananya mahal kata aku,” katanya kepada rekan media, Jumat (23/1/2023).

Meski harga Minyakita naik, Saras mengatakan bahwa pembeli masih terus mencarinya. “Tetap beli Minyakita. Soalnya harga minyak curah kan Rp 17.000/kg,” tambahnya.

Komentar