Wadauuh..! Ada Bocoran Bikin Jokowi Was-was, Ternyata Gautam Adani Punya Tambang Di Kaltim

JurnalPatroliNews – Kaltim – Gautam Adani, orang yang masuk dalam daftar terkaya di dunia ini membuat geger pasca perusahaannya Adani Group terseret dalam skandal goyangnya pasar keuangan India. Adani Group dikabarkan melakukan manipulasi saham serta melakukan aksi penipuan melalui akuntansi selama beberapa dekade menurut laporan Hindenburg Research.

Aksi goreng-gorengan saham itu sontak membuat respons Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di mana Jokowi tak ingin kasus tersebut terulang, utamanya di Indonesia. Jokowi pun memberikan titah kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengawasi industri keuangan jauh lebih intensif mulai dari makro hingga mikro. “Harus detil dicek satu per satu. Ada peristiwa minggu lalu yang besar, Adani di India. Makronya negara maju, mikronya ada masalah kehilangan US$ 120 milar, dirupiahkan Rp 1.800 triliun hati-hati mengenai ini pengawasan,” tegas Jokowi beberapa waktu lalu.

Di luar dari hal itu, ternyata benar, Adani Group milik Konglomerat India Gautam Adani ini memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Indonesia, tepatnya di Kalimantan Timur (Kaltim). “Yang saya tahu memang Gautam Adani ini pengusaha batu bara tak hanya di India, bahkan ada di Australia dan Indonesia di Kaltim,” terang sumber dalam lingkup sektor mineral dan batu bara (minerba) kepada rekan media, dikutip Kamis (9/1/2023). Meski tahu nama perusahaannya, sumber tersebut enggan menyebutkan. Ia hanya bilang, sebagai pengusaha batu bara, sangat diwajarkan melebarkan sayapnya sampai ke dunia, tak terkecuali Gautam Adani yang memiliki tambang di Kaltim.

Informasi ini memperkuat perkataan Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan yang menyebutkan bahwa konglomerasi bisnis milik Gautam Adani itu juga memiliki bisnis di Indonesia. Hal itu ia ungkapkan dalam Catatan Dahlan Iskan dalam Disway.id. Mengutip catatan tersebut, Rabu (8/2/2023), seperti halnya Low Tuck Kwong yang tiba-tiba menjadi orang terkaya di Indonesia berkat batu bara, Dahlan semula mengira melonjaknya kekayaan Adani berkat batu bara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam penelusuran Tim Riset rekan media, salah satu perusahaan yang menjadi tulang punggung utama impor batu bara Adani adalah anak usaha perusahaan yang memiliki tambang batu bara di Indonesia. PT Adani Global merupakan anak usaha Adani Enterprise yang fokus di bidang tambang, logistik dan perdagangan batu bara. Situs resmi perusahaan menyebut bahwa Adani memperoleh izin usaha pertambangan (IUP) produksi pada tahun 2007.

Proyek di Indonesia ini merupakan proyek luar negeri pertama Grup Adani dalam penambangan dan operasi batu bara. Perusahaan menyebut keputusan menambang di Indonesia sejalan dengan tekad jangka panjang Adani untuk mengatasi permasalahan permintaan tinggi batu bara di India yang kekurangan energi. Penambangan batu bara Adani dilakukan lewat PT Lamindo Inter Multikon di pulau kecil yang terletak di Kalimantan Utara yang bernama Pulau Bunyu. Data Modi dan Geoportal Minerba menyebut bahwa Lamindo memiliki IUP aktif hingga 2037 atas lahan seluas 2.414 hektar atau mencapai 12% dari total besar pulau Bunyu.

Komentar