Wapres Kebut Ekonomi Syariah, Minta MUI Fokus Kembangkan Pengusaha

JurnalPatroliNews – Jakarta – “Jangan membangun usahanya, tapi mengembangkan para pengusahanya,” tutur Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam acara Penutupan Kongres Ekonomi Umat ke-2 MUI 2021, Minggu (12/12/2021).

“Kondisi ini ibarat sebuah bus. Menurutnya, bus tidak akan memberi manfaat bila tidak ada penumpang yang bisa diangkut. MUI sebagai bus perlu menciptakan penumpangnya. Caranya dengan mendirikan pusat inkubasi bisnis di berbagai daerah,” imbuh Ma’ruf.

Ma’ruf berharap pusat inkubasi bisnis di daerah bisa membuat berbagai terobosan dan inovasi lahir. Terlebih pada inovasi dalam pengembangan produk-produk halal, sehingga Indonesia bisa menjadi pusat industri halal di dunia pada 2024. Tak hanya itu, keuangan syariah dalam negeri diharapkan bisa menghapus kemiskinan di Indonesia serta bisa meningkatkan ekonomi UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian negara.

“Dan seperti halnya ekonomi konvensional, ekonomi syariah yang ingin kita bangun adalah ekonomi yang inklusif. Kita ingin melihat pertumbuhan ekonomi yang bisa mengurangi ketimpangan baik dari sisi pendapatan, gender, maupun wilayah,” ucapnya.

Menurutnya, selain inklusif, ekonomi yang ingin kita bangun ke depan adalah ekonomi yang ramah lingkungan mengingat tantangan terbesar abad ke-21 adalah perubahan iklim. Hal tersebut dikatakan penting karena perubahan iklim yang buruk bisa menimbulkan bencana bagi berbagai sektor.

Komentar