JurnalPatroliNews – Jakarta – Generasi muda memiliki peran strategis dalam mendorong penggunaan produk lokal, menjadi salah satu aspek penting untuk mendukung perekonomian Indonesia.
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, yang kerap disapa Zulhas, menegaskan pentingnya peran anak muda dalam mempromosikan produk dalam negeri. Salah satu caranya adalah melalui kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang bisa mereka suarakan lewat berbagai konten digital.
“Kemudian generasi muda juga dapat dijadikan sebagai duta produk lokal dengan membeli dan menggunakan produk lokal. Sebab penduduk usia produktif memiliki daya beli yang besar dan menjadi target pasar yang potensial,” kata Zulhas, dikutip Senin (9/9/24)
Potensi generasi muda sebagai konsumen utama produk lokal juga didorong oleh pesatnya pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Pada 2023, ekonomi digital Indonesia mencapai nilai 82 miliar Dolar AS, dengan jumlah pengguna internet mencapai 215,63 juta orang per Maret 2023.
“Kemudian lima sektor ekonomi digital yang tumbuh seperti e-commerce yang nilai transaksinya mencapai Rp453,75 triliun di 2023, fintech, edutech, healthech, dan media online yang tidak jauh pemanfaatannya dari generasi muda,” paparnya.
Mengenai proyeksi ekonomi nasional, Zulhas optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 akan berada di kisaran 4,5-5,5 persen seiring dengan kelanjutan berbagai proyek strategis nasional.
“Dan untuk neraca perdagangan mengalami surplus berturut-turut,” katanya.Â
Komentar