Kamis, 20 Juni 2019 08:23 WIB

FILM

Hanung Bramantyo Sempat Menangis Saat Garap Bumi Manusia

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Hanung Bramantyo Sempat Menangis Saat Garap Bumi Manusia Foto : Poster Film Bumi Manusia

JURNALPATROLINEWS - Film Bumi Manusia resmi merilis poster perdananya, pada 19 Juni 2019. Acara tersebut dihadiri oleh dua pemeran utamanya: Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan dan Mawar De Jongh, serta sang sutradara Hanung Bramantyo.

Sebelum acara dimulai, Hanung sempat berbagi cerita soal pembuatan film tersebut kepada awak media. Suami aktris Zaskia Adya Mecca itu mengaku, film yang diadaptasi dari novel populer karya Pramoedya Ananta Toer itu memiliki sejarah dalam kehidupannya.

"Saat usia 17 tahun, saya membaca Bumi Manusia sambil sembunyi-sembunyi. Kenapa? Karena waktu itu takut ditangkap sama polisi," kata Hanung Bramantyo saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019).

Dia menambahkan, "Saya tidak pernah membayangkan kalau novel karya Pak Pram ini akan bisa dinikmati oleh penonton muda. Karena itu tadi, di era saya untuk membaca novel ini kami bisa saja ditangkap."

Hanung mengungkapkan, dia sempat menangis saat menggarap Bumi Manusia. Pasalnya, film itu membawa memorinya mundur ke usia 20 tahun, saat dia bertemu Pramoedya Ananta Toer untuk pertama kali.

"Saat pertama bertemu, dia bilang, 'Kamu (Hanung Bramantyo) duduk di samping saya. Telinga saya sudah enggak bisa mendengar, karena dihajar sama tentara (ketika ditahan di Pulau Buru).' Kenangan itu yang membuat saya menangis," kata Hanung menambahkan.

Sutradara 43 tahun itu mengaku sangat kagum pada sosok Pramoedya Ananta Toer yang mampu menghasilkan karya spektakuler di tengah keterbatasannya di dalam penjara. Bahkan kisah cinta seorang pribumi bernama Minke dan Annelies ini ditulis Pram di atas kertas bekas bungkus semen.

Film Bumi Manusia telah menyelesaikan proses produksi pada 2018. Rencananya, Falcon Pictures akan mulai menayangkan film besutan Hanung Bramantyo itu, pada 15 Agustus 2019.

(YN)


Berita Terkait
KOMENTAR