Menlu Retno: Amerika Serikat Bakal Suplai 4,5 Juta Dosis Vaksin Moderna

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, pemerintah Amerika Serikat akan memberikan 4,5 juta lebih dosis vaksin Moderna.

“Amerika Serikat berkomitmen memberikan dosis sharing vaksin kepada Indonesia berjumlah 4.500.160 dosis,” kata Retno, dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (11/7).

Indonesia, kata Retno, secara konsisten mendukung mekanisme berbagai dosis vaksin guna mempercepat pencapain kesetaraan vaksin bagi semua negara. Mekanisme tersebut telah dibahas dalam pertemuan-pertemuan covax facility.

“Atas nama pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan terhadap Pemerintah Amerika Serikat yang telah berbagi dosis vaksin kepada Indonesia melalui covax facility,” kata dia.

Retno pun memastikan pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan vaksin bagi masyarakat Indonesia. Terlebih lagi, terdapat sejumlah negara yang telah menawarkan diri untuk menyuplai vaksin di Tanah Air.

“Kesehatan dan keselamatan rakyat akan selalu menjadi prioritas,” tegasnya.

Sebelumnya, Indonesia menerima 3 juta lebih dosis vaksin jadi Moderna dari Amerika Serikat. Kedatangan vaksin tahap ke-20 ini dibawa dengan maskapai Qatar Airways.

“Kita mengharapkan dengan datangnya (vaksin) Moderna ini kita bisa mempercepat suntikan,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Budi menyebutkan, vaksin Moderna memiliki kemampuan perlindungan yang tinggi terhadap virus korona. Hal ini telah terbukti dalam menghentikan laju penularan covid-19 di Amerika Serikat.

“Terbukti secara teknis memiliki efikasi yang tinggi memiliki kemampuan perlindungan yang tinggi,” tuturnya.