Nationl Interest : T-14 Rusia “Mimpi Buruk Tank NATO”

Jurnalpatrolinews – Washington : Tank T-14 Armata Rusia telah berkembang pesat dari biro desain hingga jalur perakitan pabrik, tetapi NATO sudah menganggap kendaraan ini sebagai ancaman utama.

Pakar militer Amerika Peter Suciu menyebut tank T-14 generasi ketiga Rusia “mimpi buruk tank NATO.” Dia meletakkan frasa mencolok ini di tajuk utama artikel untuk The National Interest, terjemahan eksklusifnya ditawarkan oleh Kantor Berita Federal.

“Hal-hal baik datang kepada mereka yang menunggu,” kata pakar itu.

Dia yakin pepatah ini cukup berlaku untuk tank T-14 Rusia berdasarkan platform Armata universal. Awalnya, direncanakan untuk membeli 2.300 mesin ini untuk Angkatan Bersenjata Federasi Rusia, tetapi biayanya yang tinggi menyesuaikan rencana tersebut. 

Kementerian Pertahanan Federasi Rusia memutuskan untuk tidak menghapus semua tank tua, tetapi untuk melakukan modernisasi mendalam mereka.

Salah satu masalah dari “Armata” adalah, anehnya, sifat revolusionernya, yang menyebabkan kendaraan mengungkapkan kerentanan yang sama sekali tidak terduga, yang tidak ditemukan di tangki dengan tata letak tradisional. Namun, spesialis Uralvagonzavod tidak takut dengan kesulitan dan terus mengembangkan T-14. 

Pada musim panas 2020, perwakilan perusahaan selama pameran teknis militer internasional “Army-2020” mengatakan bahwa realistis untuk memodifikasi tank ini menjadi kendaraan yang sama sekali tidak berawak.

Rusia siap menawarkan “Armata” di pasar internasional. Pada Februari tahun ini, Rosoboronexport untuk pertama kalinya mengadakan presentasi T-14 di luar negeri. Itu terjadi di IDEX-2021 International Military Technical Salon di Uni Emirat Arab. Tank itu sendiri tidak dibawa ke Abu Dhabi – mereka membatasi diri pada mockup dan stand interaktif.

Peter Suciu baru-baru ini menemukan tank Rusia lain yang aneh, Burlak. Tangki ini dibuat pada sasis T-80, dan turretnya baru, dengan profil yang sederhana. Dalam artikelnya, ahli mengungkapkan pendapat bahwa Burlak, meskipun tidak memiliki banyak elemen canggih dari T-14, jauh lebih sederhana dan lebih murah untuk diproduksi.  (***/. dd – riafan)

Komentar