Ukraina Menuduh Rusia Ingin Menyerang Dari Belarusia

  • Whatsapp
Tank dan Tentara Rusia, (Foto : Intercourier)

Mantan Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional (NSDC) Ukraina Oleksandr Danilyuk mendesak pihak berwenang “untuk tidak bersantai” dalam menghadapi ancaman dari Rusia dan menuduhnya ingin menyerang wilayah negara itu dari Belarus, tulis UNIAN .

Menurut dia, terlepas dari fakta bahwa Moskow menarik Angkatan Bersenjata dari wilayah barat daya, pihaknya akan terus menekan Kiev melalui jalur diplomatik dan mencari cara baru untuk mendapatkan pijakan di perbatasan republik. “Langkah selanjutnya mungkin di Belarus. Mendatangkan tentara Rusia di perbatasan utara pasti tidak akan memperbaiki situasi kami, ”kata Danilyuk.

Bacaan Lainnya

Dia menekankan bahwa perburukan konflik antar negara masih belum berakhir dan Rusia belum meninggalkan rencananya untuk “merebut” wilayah tersebut. “Kami hanya melihat puncak gunung es, manifestasi eksternal,” tambah mantan sekretaris itu.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memutuskan untuk menyelesaikan pemeriksaan pasukan di distrik militer Selatan dan Barat, memerintahkan mereka untuk dibawa ke titik penempatan permanen. Menurut dia, militer dan peralatan yang ikut serta dalam latihan mulai kembali ke pangkalan permanen mereka pada 23 April.

Belakangan, penarikan pasukan Rusia dari perbatasan dengan Ukraina disebut sebagai prestasi pribadi Presiden Volodymyr Zelensky . Hal itu disampaikan Wakil Kepala Kantornya, Andrey Yermak . Dia yakin bahwa kepala negara telah melakukan “pekerjaan yang belum pernah terjadi sebelumnya” dan menyebut fakta ini dengan sangat jelas.  (***/. dd – 

Pos terkait