Kemanusiaan: Komunitas Hipnotis Bantu Korban Gempa Cianjur

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI) dan alumni Indonesian Hypnosis Centre (IHC) tetap berkomitmen dalam memberikan bantuan kemanusiaan pada korban bencana. Bantuan diberikan berupa penyembuhan trauma akibat bencana.

Setelah menurunkan tim untuk penyembuhan trauma korban peristiwa sepak bola di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, PKHI bersama IHC, Jumat ini (2/12) dan pekan-pekan berikutnya secara bergilir  menurunkan master-masternya ke Cianjur untuk pemulihan trauma para korban gempa Cianjur.

Program bantuan pemulihan trauma pasca gempa Cianjur juga disampaikan oleh Direktur IHC Ir Avifi Arka MM CHt CI yang juga ketua Umum PKHI dalam pengukuhan 30 instruktur hipnoterapi, Rabu malam (30/11/2022).

Gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat  21 November 2022 mengakibatkan lebih dari 300 orang meninggal, 7.729 luka-luka, 595 diantaranya luka berat.

Menurut catatan yang disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), seperti dikutip Antara hingga Sabtu sore (26/11/2022) sebanyak 58.049 bangunan rumah rusak, 25.186 di antaranya rusak berat, sisanya rusak sedang dan ringan. Dan, 73.693 orang tercatat masih mengungsi.

Tonggak Sejarah Baru

Indonesian Hypnosis Centre (IHC) menancapkan tonggak sejarah baru dengan pengukuhan 30 instruktur hipnoterapi, Rabu malam (30/11-22).

Pengukuhan dilakukan secara hybrid melalui link zoom. Hadir antara lain Direktur Kursus dan Pelatihan Kemendikbud Ristek Dr Wartanto MPd, Direktur IHC Ir Avifi Arka MM CHt CI serta pengurus Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI) dari berbagai daerah.

Pikiran, Perasaan dan Prilaku

Avifi mengungkapkan, layanan hipnoterapi sudah banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mengatasi masalah terkait pikiran, perasaan dan perilaku.

Hipnoterapi adalah terapi dengan menggunakan metode hipnosis. Berasal dari kata hipnosis dan terapi. Hipnosis adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari pengaruh sugesti terhadap pikiran.

Dalam literatur barat hipnosis disebut hypnosis atau hypnotism. Orang yang melakukan hipnosis disebut hypnotist

Ilmiah, 

Ditegaskan bahwa hipnotis adalah ilmiah. Setiap orang bisa mempelajari. Tidak seperti anggapan awam bahwa hipnosis menggunakan kekuatan mistik dan kuasa gelap serta melanggar ajaran agama.

Komentar