Nikmati Lontong Malam Bu Mar di Kota Medan

JurnalPatroliNews – Medan,- Hari Pers Nasional akan dihelat di Kota Medan, Sumatera Utara dari 7 – 9 Februari 2023 yang akan dihadiri ribuan wartawan dari segala penjuru Indonesia.

Kota Medan memang sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner nasional yang difavoritkan oleh wisatawan nasional.

Seperti daerah lainnya yang memiliki sajian lontong yang khas, di Medan juga terdapat Lontong Medan dengan bumbu yang khas, terutama tauco dan bumbu rendang.

Terkait sejarah awal Lontong Medan tidak diketahui pasti kapan awal mulanya, oleh siapa, dan tahun berapa Lontong Medan mulai dipopulerkan.

Lontong Medan sepintas memang hampir sama dengan lontong sayur lainnya. Namun faktanya Lontong Medan mempunyai ciri khas tersendiri, terutama pada topingnya, seperti:

Tauco
Ikan teri
Sambel terasi
Tempe orek
Mie goreng
Kerupuk udang
Kerupuk kentang
Serundeng
Bumbu rendang

Salah satu tempat untuk menikmati lontong yang enak, adanya di Lontong Malam Bu Mar di Jalan PWS 46, samping Masjid Al Ihsan, Medan.

“Namanya Lontong Malam, tapi kami buka dari pagi hingga malam,” jelas Bu Mar ketika ditemui TB Adhi dan rombongan dari Panitia Pusat HPN baru-baru ini.

Menurut Bu Mar, ketika sebelum pandemi covid-19, pengunjung sangat ramai yang datang ke warungnya, namun saat ini sepi karena dia pernah tutup selama 7 bulan akibat pandemi Covid-19.

Kelezatan lontong buatan Bu Mar diakui oleh salah satu panitia HPN dari Jakarta, Merdi, yang mengatakan bahwa tekstur lontong begitu lembut dan perpaduan rasa bumbu serta lauk bikin lidah terus bergoyang.

Komentar