700 Ribu Penduduk Korea Utara ‘Dikurung’ Di Rumah, Gawat…! China Lockdown Kasus Covid Naik Lagi!

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Jutaan orang di berbagai provinsi di China harus mengalami penguncian (lockdown) hingga Minggu (13/3/2022) waktu setempat. Hal itu tak lepas dari kenaikan kasus Covid-19 menjadi hampir 3.400.

Seperti dikutip AFP, lonjakan kasus secara nasional telah membuat otoritas menutup sekolah di Shanghai, pusat teknologi di Shenzhen, dan seluruh kota di timur laut China. Ini karena 18 provinsi sedang berusaha mengatasi kenaikan kasus Covid-19.

Sebagian wilayah Kota Jilin, pusat wabah di timur Laut, sebagian dikunci pada Sabtu (12/3/2022).

Sementara penduduk Yanji, daerah perkotaan dengan hampir 700 ribu penduduk dan berbatasan dengan Korea Utara ‘dikurung’ di rumah mereka pada hari ini.

China, negara pertama yang mengumumkan kasus Covid-19 pada akhir 2019, telah mempertahankan kebijakan Zero Covid yang ditegakkan dengan penguncian cepat, pembatasan perjalanan, dan pengujian massal ketika klaster telah muncul. Akan tetapi, gejolak terbaru yang didorong oleh transmisi lokal virus Corona varian Omicron yang sangat menular diikuti lonjakan kasus Covid-19 tanpa gejala sedang menguji kemanjuran pendekatan itu.

Pejabat Komisi Kesehatan Jilin Zhang Yan mengaku mekanisme tanggap darurat di beberapa daerah tidak cukup kuat.

“Ada pemahaman yang kurang terkait karakteristik varian Omicron dan penilaiannya tidak akurat,” ujarnya dalam konferensi pers, Minggu (13/3/2022).

Penduduk Jilin telah menuntaskan enam putaran tes massal. Hasilnya ditemukan lebih dari 2.200 kasus Covid-19 varian Omicron sejak kemarin.

Komentar