Ada Bocoran! AS Dorong Israel Bantu Ukraina Sediakan Alat Perang Misterius

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Pemerintah Amerika Serikat (AS) mendorong Israel ke dalam sebuah kesepakatan untuk memberi Ukraina alat perang ‘misterius’. Hal itu disampaikan surat kabar Israel Haaretz pada Kamis, (18/11/2022).

Dalam laporan itu, awalnya Israel diminta mengirimkan senjata. Namun Tel Aviv menolak dan hanya siap memasok baterai anti-pesawat ke Ukraina.

Negara itu meminta perincian pengaturan dirahasiakan untuk menghindari kejengkelan Rusia.

“Beberapa juta dolar ditransfer ke negara anggota NATO yang terlibat dalam memasok peralatan militer ke Ukraina,” jelas laporan itu.

Laporan Haaretz tidak menyebutkan nama anggota NATO yang terlibat dalam kesepakatan itu. Namun, itu menyerupai kesepakatan pasar abu-abu sebelumnya yang melibatkan Polandia.

Sebelumnya pada bulan September, situs berita Ibrani Zman Yisrael melaporkan setidaknya satu kontraktor pertahanan Israel mengirimkan sistem anti-drone ke Polandia. Dari Polandia, senjata itu dikirimkan ke Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah berulang kali meminta Israel untuk memasok negaranya dengan senjata, termasuk sistem pertahanan udara Iron Dome. Namun negara itu menemui dilema lantaran memiliki kesepakatan dengan Rusia yang membuat Angkatan Udara Israel dapat menerbangkan pesawatnya ke wilayah Suriah yang dikuasai Moskow.

Komentar