Ada Lima Poin, Terbaru: Ukraina Beri Syarat Damai ke Rusia, Perang Bakal Usai?

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Ukraina memberikan syarat-syarat damai ke Rusia. Setidaknya ada lima poin yang harus dipatuhi kedua negara.

Ini diungkap Penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, Anton Gerashcenko, dalam sebuah cuitan terbaru di Twitter, Selasa (8/11/2022). Menurutnya, itu sesuai dengan arahan Presiden Volodymyr Zelensky, Senin malam.

“Menurut Presiden Zelensky, syarat untuk negosiasi damai dengan Rusia adalah sebagai berikut,” katanya.

“Satu, memulihkan integritas teritorial. Kedua, menghormati Statuta PBB. Ketiga, melunasi semua kerusakan yang disebabkan oleh perang,” jelasnya.

“Keempat, menghukum setiap penjahat perang. Kelima, menjamin hal ini tidak akan terjadi lagi,” tambahnya.

Syarat negosiasi damai juga dikatakan penasihat presiden, Mykhailo Podolyak. Menurutnya Ukraina tidak pernah menolak untuk bernegosiasi asal Rusia menarik seluruh pasukannya dari negara itu.

“Apakah Putin sudah siap?” tulis Podolyak mempertanyakan kesanggupan Rusia.

“Jelas tidak. Oleh karena itu, kami konstruktif dalam penilaian kami: kami akan berbicara dengan pemimpin berikutnya (Rusia) tambahnya.

Sebelumnya, pejabat Amerika Serikat (AS) dilaporkan secara pribadi telah mendorong pemerintah Ukraina untuk memberi sinyal negosiasi dengan Rusia. Ini bukan untuk mencapai penyelesaian jangka pendek, tetapi sebagai langkah politik untuk mempertahankan dukungan Barat untuk upaya perang.

Hal ini dimuat pertama kali oleh media AS Washington Post. Jika Kyiv benar-benar tidak bernegosiasi, tulis media itu, maka fenomena ‘kelelahan Ukraina’ yang dialami AS dan sekutunya akan makin parah.

Sekutu AS semakin khawatir dengan dampak ekonomi dari perang yang berkepanjangan. Sayangnya belum ada komentar resmi dari AS.

Komentar