Ada Rute Baru, Tiket Kapal Ferindo 5 Banjarmasin ke Subang Jabar Dibanderol Rp 66 Ribu, Ini Tarifnya

JurnalPatroliNews, Banjarmasin – Pelindo III Banjarmasin bersama PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan ( PT ASDP ) Indonesia Feri (Persero) di bawah BUMN Kementerian Perhubungan membuka rute baru.

Jalur pulang perginya (pp) adalah dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, tujuan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.
Dengan demikian, menambah long trip KMP Ferrindo 5. Sebelumnya, sudah ada jalur pelayaran rute Pelabuhan Patimban-Panjang (Lampung) dan Patimban-Pontianak Provinsi Kalimantan Barat.

Regional Manager SDM & Umum, Pelindo III regional Kalimantan, Wahyu Eko Yulianto, mengatakan, dengan adanya rute ini semakin memenuhi pengiriman barang atau logistik via jalur laut bersama KMP Ferindo Lima.

Untuk tarif atau harga tiket, dijelaskan dia, cukup terjangkau. Penumpang orang dewasa tujuan Patimban-Banjarmasin hanya Rp 66.000, bayi Rp 8.400, kendaraan golongan I Rp 90.000, golongan II Rp 160.000, golongan III Rp 343.000, golongan IV penumpang Rp 2.134.000, golongan IV barang Rp 1.808.000.

“Pertimbangan dibukanya rute baru ini untuk memperbanyak pelayanan jasa di bidang pelayaran yang selama ini belum ada pada rute tersebut,” jelas Wahyu Eko Yulianto, Rabu (3/2)

Masih kata Wahyu Eko Yulianto, dalam pelaksanaannya, rute Patimban-Banjarmasin dan sebaliknya akan dilayani dua kali pelayaran dalam satu bulan.
Sedangkan rute Patimban-Panjang dan sebaliknya akan dilayani dua kali pelayaran dalam satu bulan. Kemudian, Patimban-Pontianak juga dilayani dua kali dalam satu bulan.

Adapun Kapal yang disiapkan PT ASDP untuk melayani pelayaran pada rute tersebut, yakni KMP Ferrindo 5 dengan kapasitas penumpang mencapai 56 orang, kendaraan roda empat dan sejenisnya mencapai 109 unit.

Menurutnya, rute baru tersebut akan membuat banyak pihak diuntungkan. Salah satunya adalah pengusaha yang awalnya saat mengirim barang dari Pulau Jawa ke Pulau Kalimantan atau sebaliknya, harus melewati Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Namun dengan dibukanya rute baru tersebut akan mampu menghemat biaya operasional karena kapal dari Patimban tujuan Kalimantan dan sebaliknya, tidak perlu transit ke Pelabuhan Surabaya,” tandasnya.

(*/lk)

Komentar