Ahmad Muzani: Prabowo Bakal Dilantik di Jakarta, Bukan di IKN!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Ahmad Muzani, Wakil Ketua MPR RI, memastikan bahwa presiden terpilih, Prabowo Subianto, tidak akan dilantik di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebagai gantinya, pelantikan akan berlangsung di gedung Parlemen Senayan, Jakarta.

Prabowo akan menggantikan Presiden Jokowi yang masa jabatannya berakhir pada 20 Oktober 2024. “Pelantikan (Prabowo) di Senayan,” ujar Muzani, yang juga Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (28/6/2024).

Muzani juga menegaskan bahwa Prabowo akan menghadiri upacara Kemerdekaan HUT RI Ke-79 di Ibu Kota Nusantara, dan pimpinan MPR juga akan melaksanakan upacara di IKN. “Ya, pak Prabowo Insyaallah ke IKN,” tambahnya.

Seperti diketahui, tata upacara militer Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI akan diadakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan jumlah peserta terbatas. Pada waktu yang sama, upacara juga akan berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pelantikan presiden terpilih 2024-2029 akan dilakukan di IKN pada 20 Oktober 2024. Hal ini disampaikan karena pada saat pelantikan nanti, status DKI Jakarta sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara.

“Pelantikan Presiden (Prabowo) rencananya di sana, di IKN,” ungkap Basuki kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Hal ini juga sejalan dengan pelaksanaan Upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di IKN. Namun, Basuki menyebutkan ada kemungkinan pidato kenegaraan tetap dilakukan di DKI Jakarta. “Kalau (upacara) 17 Agustusan di sana. (Tapi) mungkin pidato kenegaraan masih tetap akan dilakukan di sini (Jakarta),” jelasnya.

Komentar