Airlangga Bertemu Eks Presiden Rusia di Moskow, Ada Apakah?

JurnalPatroliNews – Moskow – Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, mengadakan pertemuan dengan Wakil Ketua Dewan Keamanan Nasional Federasi Rusia, Dmitry Medvedev, guna membahas kerja sama ekonomi dan perdagangan.

Pertemuan tersebut berlangsung di kediaman resmi Medvedev di pinggiran kota Moskow, tepatnya di State Residence Gorky 9 Odintsovo, Moskow, pada hari Rabu (12/6/2024).

“Indonesia adalah mitra utama dan terbesar bagi Rusia di kawasan Asia Pasifik,” ungkap Medvedev dalam siaran pers yang diterima oleh redaksi.

Medvedev, yang pernah menjabat sebagai Presiden Rusia dari tahun 2008 hingga 2012 dan sebagai Perdana Menteri Rusia dari 2012 hingga 2020, saat ini juga menjabat sebagai Ketua Partai Rusia Bersatu.

“Kami sangat senang mengembangkan aspek ini dalam hubungan kami. Mari kita diskusikan kerja sama untuk membahas isu-isu global dan menjamin keamanan di planet ini. Pertemuan ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk memperkuat hubungan multifaset antara negara kita,” ujar Medvedev.

Memperingati 74 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Rusia, dianggap sangat penting untuk memperkuat kerja sama ekonomi, khususnya di sektor perdagangan, perindustrian, dan investasi antara kedua negara.

“Rusia adalah salah satu mitra ekonomi terbesar Indonesia. Kami berharap untuk melanjutkan dan mengembangkan kerja sama ini ke depan, untuk mencapai pemahaman yang lebih besar,” tegas Airlangga.

“Indonesia menyambut baik pertemuan ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan hubungan yang lebih baik antara Indonesia dan Rusia ke depan,” tambah Menko Airlangga.

Dalam pertemuan tersebut, Airlangga juga menyampaikan pandangannya mengenai isu-isu global dan strategis lainnya, termasuk geopolitik dan dinamika positif di kedua negara.

Airlangga didampingi oleh Duta Besar RI di Moskow, Jose Tavares, serta tim ahli dari Kemenko Perekonomian. Sementara Medvedev didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi dari Pemerintah Federasi Rusia.

Komentar