Argentina Siap Gantikan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

JurnalPatroliNews – Bali – Buntut penolakan Timnas Israel U-20 datang ke Indonesia, disinyalir menjadi sebab FIFA menunda drawing grup Piala Dunia U20 di Bali.

Bahkan, nasib Indonesia sebagai tuan rumah iven bergengsi ini, disebut-sebut sedang diunjung tanduk.

Kekinian, Argentina dilaporkan siap menggantikan posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Melansir Suara.co jaringan BeritaManado.com, kabar itu disampaikan media Argentina, Double Amarilla, usai PSSI mengumumkan bahwa FIFA telah membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023.

Drawing atau proses undian fase grup Piala Dunia U-20 2023 sejatinya bakal berlangsung di Bali pada 31 Maret mendatang.

Namun, FIFA membatalkannya diduga karena gelombang penolakan termasuk dari Gubernur Bali I Wayan Koster terhadap kedatangan Timnas Israel sebagai salah satu dari 24 peserta.

Di sisi lain, PSSI dalam keterangan resminya mengaku belum mendapatkan alasan resmi penyebab FIFA membatalkan drawing tersebut.

Double Amarilla dalam artikelnya, mengklaim telah mendapatkan konfirmasi dari sumber FIFA bahwa drawing Piala Dunia U-20 2023 resmi dibatalkan.

Situasi itu mereka anggap sebagai awal dari ancaman pembatalan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Sumber FIFA yang mereka wawancarai pun buka suara terkait hal itu.

“Semuanya sedang dievaluasi,” kata sumber FIFA terkait pembatalan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, sebagaimana dikutip dari Double Amarilla, Senin (27/3/2023).

Double Amarilla melaporkan bahwa Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) langsung bergerak cepat mengajukan permintaan resmi unguk menjadi tuan rumah event akbar tersebut andai FIFA memutuskan mencabut status Indonesia sebagai host.

Lebih jauh, media Argentina itu turut menyebut bahwa sumber FIFA menilai pergantian tuan rumah akan sulit dilakukan, tetapi tidak menutup kemungkinan hal itu bisa terjadi.

“Beberapa jam ke depan akan menjadi kunci untuk melihat apakah ada semacam kesepakatan diplomatik atau memang perubahan tempat mulai dipertimbangkan,” tulis Double Amarilla.

Timnas Argentina diketahui tidak lolos ke Piala Dunia U-20 2023 setelah cuma menduduki peringkat empat klasemen Grup A Copa America U-20 2023.

Andai pengajuan mereka menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah disetujui FIFA, mereka bakal dipastikan lolos. Sementara Indonesia yang kehilangan status tuan rumah bakal terdepak dari daftar peserta.

Komentar