Awas Barang Elektronik !, Ini Imbauan PLN : Agar Aman dari Setrum Listrik Kala Banjir

JurnalPatroliNews – Jakarta, PT PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) memberikan imbauan kepada warga DKI Jakarta agar selalu waspada banjir. Pasalnya, banjir tidak hanya merusak barang elektronik, namun bisa juga membuat orang terkena setrum listrik.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya Doddy Pangaribuan menyarankan kepada masyarakat, jika air sampai masuk ke dalam rumah, maka sebaiknya saklar dinaikkan ke tempat yang lebih tinggi.

“Sebelum (air) naik, ada baiknya stop kontak di atas sehingga nggak terendam,” paparnya dalam acara ‘Trijaya Hot Topic Petang’ yang ditayangkan di kanal YouTube MNC Trijaya FM, Senin sore (22/02/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, sebaiknya alat elektronik juga segera dicabut dan dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi. Jika banjir semakin mengancam, stop kontak dimatikan, dan langsung lapor ke PLN, jangan saling menunggu.

“Kalau sudah dan tetap tergenang, kami akan matikan dari gardu-gardu yang memasok lokasi setempat. Kami gerak cepat karena info langsung dari pelanggan,” ungkapnya.

Tidak hanya merusak barang elektronik, imbuh Doddy, dampak banjir juga bisa membuat orang tersetrum yang berdampak pada hilangnya nyawa. Hal semacam ini yang perlu menjadi perhatian masyarakat agar selalu waspada.

“Yang pertama, tentu peralatan listrik rusak kalau terendam, apalagi masih menyala. Kedua, nyawa manusia,” ujarnya.

Doddy menyebut banjir juga berdampak pada kerugian bagi PLN. Meski demikian, kerugian yang dialami tidak sebesar pelanggan.

“Kalau misalnya sampai merendam gardu, kerugian (bagi PLN), tapi nggak signifikan daripada pelanggan kami,” tuturnya.

(*/lk)

Komentar