Bekerja Profesional, Menpan RB Minta: ASN Netral Dan Loyal Siapa Pun Presidennya

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meminta kepada aparatur sipil negara (ASN) untuk selalu netral dan loyal siapa pun pemimpinnya.

Tjahjo menekankan bahwa siapa pun Presiden dan Wakil Presidennya serta kepala daerahnya, seharusnya tidak menjadi masalah bagi ASN karena harus bekerja secra profesional

“ASN harus tetap loyal melaksanakan apa yang menjadi visi misi dan skala prioritas program pimpinan Presiden dan Wakil Presiden hingga kepala daerah terpilih, termasuk penjabat kepala daerah. Saya kira dengan demikian maka tugas penjabat kepala daerah dapat dilaksanakan dengan baik karena didukung oleh ASN-nya,” ujar Tjahjo dalam keterangannya, Sabtu (14/5/2022).

Di kesempatan yang sama, Tjahjo juga menyampaikan bahwa calon penjabat kepala daerah harus memahami berbagai isu strategis sebagai kepala daerah.

Hal ini tentunya untuk mendukung jalannya penyelenggaraan pemerintahan.

“Jika memungkinkan, kami meminta calon penjabat kepala daerah, baik gubernur, bupati, maupun wali kota, untuk mendapatkan arahan langsung dari Presiden terkait isu strategis yang harus dijalankan penjabat kepala daerah. Bagaimana caranya dalam menjalankan keputusan politik pembangunan, program strategis, visi misi Presiden dan Wakil Presiden, hingga pelaksanaan visi misi dari kepala daerah yang digantikan,” kata Tjahjo.

 Tjahjo menyampaikan isu-isu strategis yang harus dipahami oleh para penjabat kepala daerah yakni enam hal.

Komentar