Beneran Harga Pertalite & LPG Mau Naik, Ini Kata Pak Erick Thohir?

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Pemerintah dalam beberapa waktu belakangan berencana menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram (Kg). Rencana kenaikan tersebut merespon tingginya harga minyak mentah dunia yang nyaman di atas level US$ 100 per barel.

Akibat tingginya harga minyak mentah dunia dan CP Aramco sebagain harga acuan LPG, pemerintah sudah meningkatkan harga BBM Pertamax Cs dan LPG berukuran 12 Kg.

Merespon itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir membeberkan bahwa kebijakan kenaikan harga BBM jenis Pertalite sejatinya merupakan wewenang Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sementara, Jokowi sendiri sudah sepakat untuk tidak menambah beban rakyat. Utamanya di tengah dunia yang saat ini mempunyai problem supply chain imbas dari pandemi Covid-19.

“Tidak mungkin Indonesia sebuah negara yang punya kekuatan fundamental ekonomi akan memberatkan rakyatnya. Di situlah negara hadir seperti covid-19,” ujarnya saat ditemui usai acara Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 di Graha Pertamina, Jakarta, Senin malam (9/5/2022).

Menurut Erick dengan melihat pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal 1 ini yang berhasil tumbuh 5%, maka tidak mungkin pemerintah melakukan pertimbangan-pertimbangan yang justru memberatkan.

“Pemerintah akan memberikan kebijakan yang terbaik untuk rakyat Indonesia. Termasuk kita akan terus mengintervensi yang namanya minyak goreng, CPO. Kita harus menjaga kepentingan nasional,” kata dia.

Komentar