Cegah Korban Jatuh, Dinkes Palembang Imbau Warga Tidak Konsumsi Chiki Ngebul

JurnalPatroliNews – Palembang,- Korban akibat mengonsumsi chiki ngebul, terus bermunculan. Oleh sebab itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, mengimbau warga, untuk tidak memberikan makanan ringan yang diberi nitrogen cair untuk menimbulkan efek asap dan dingin, kepada anak-anak.

Fenty Apriana, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, mengeluarkan Imbauan tersebut, menyusul kasus keracunan yang terjadi pada sejumlah anak yang mengonsumsi jajanan itu.

“Kami mengimbau masyarakat, khususnya orang tua yang memiliki anak, agar tidak mengkonsumsi makanan tersebut,” katanya , Selasa (10/1/23).

“Cara mengkonsumsi makanan tersebut dengan diisap, maka itu juga bisa merusak saluran pernafasan,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan, Dinas Kesehatan Kota Palembang, bersama Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), telah melakukan Inspeksi mendadak ke pusat penjualan jajanan, guna memastikan makanan yang dijual kepada warga aman dikonsumsi.

“Saat ini, di Kota Palembang belum ada kasus orang yang keracunan akibat makanan tersebut, dan pada minggu sebelumnya kami bersama BPOM melakukan sidak pada tempat pusat jajan di Kawasan Kambang Iwak,” ungkapnya.

Dalam inspeksi mendadak tersebut, petugas mendapati empat pedagang menjual chiki ngebul, dan meminta mereka menghentikan penjualan makanan tersebut.

“Untuk sementara (diminta) untuk menghentikan penjualan makanan tersebut,” tandasnya.

Diberitakan, kasus keracunan akibat mengonsumsi chiki ngebul ini, sebelumnya dilaporkan terjadi di daerah Tasikmalaya dan Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Komentar