Dibalik 18 Tuntutan May Day Fiesta, Presiden KSPI Singgung Anies: Air Lebih Mahal dari Migor di Jakut

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyinggung Gubernur DKI Anies Baswedan saat hadir di May Day Fiesta. Dia mempersoalkan harga air bersih di Jakarta Utara (Jakut) yang lebih mahal dibandingkan harga minyak goreng.

Awalnya, Said Iqbal memaparkan soal lima permintaan kepada negara tentang jaminan sosial para buruh. Salah satunya soal jaminan air bersih, yang menyebut Presiden Turki Erdogan memberikan air bersih gratis kepada warganya.

“Yang keempat jaminan air bersih. Erdogan sebelum memenangkan Presiden Turki dengan dimulai dari Istanbul dengan memberikan orang jompo makan gratis seumur hidup, jalan-jalan seumur hidup, dan yang kedua orang di Istanbul boleh ambil air bersih gratis,” kata Said di GBK, Senayan, Sabtu (14/5/2022).

Kemudian dia membandingkan dengan kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia menyebut harga 1 liter air bersih di Jakut lebih mahal dibanding harga minyak goreng.

“Di Jakarta, Gubernur Jakarta, di Jakarta Utara belum berhasil. Harga air bersih 1 liter lebih mahal daripada minyak. Tidak boleh ada di negara yang kaya,” katanya.

Tak hanya itu, dia juga menyinggung soal jaminan pengangguran. Menurutnya, warga yang tak bekerja juga harus diberi uang karena semua warganya diwajibkan membayar pajak.

“Yang kelima jaminan pengangguran. Kita kalau nganggur, negara harus bayar. Kenapa? Karena saat Anda bekerja, saya bekerja dan kita semua bekerja itu bayar pajak, dan pajak itu harus disisihkan kepada negara dan pengusaha dari sisi keuntungan perusahaan untuk namanya redistribusi kekayaan yang adil dan merata,” ujarnya.

Komentar