Dikelola Satu Atap, Ternyata: Jokowi Punya Cara Baru Bikin Borobudur Makin Keren

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo ingin Candi Borobudur dikelola satu atap oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) yang merupakan anak usaha dari PT Aviasi Pariwisata (InJourney). Nantinya Perpres akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

Hal ini diungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir usai rapat terbatas dengan Presiden, yang juga dihadiri sejumlah menteri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DIY Sri Hamengku Buwono X, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Example 300x600

“Alhamdulillah hari ini Presiden sudah memutuskan akan keluarkan Perpres yang menyatakan Borobudur dikelola satu atap antara menteri agama, menteri pendidikan, lalu menteri pariwisata dan Kementerian BUMN. Di situ ada dewan pengawasnya, ada menteri keuangan, menkomarinves, tapi TWC sebagai pengelola,” kata Erick kepada wartawan.

Sehingga nanti peran TWC akan menyeimbangkan kepentingan konservasi melihat kondisi fisik Borobudur yang terus menurun, hingga spiritual, pariwisata, dan pendidikan.

“Jadi hal ini luar biasa nanti akan ada renovasi menyeluruh di Borobudur sehingga ada kesinambungan,” katanya.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut dalam rapat itu Presiden juga memberikan arahan percepatan penyelesaian dokumen heritage impact assessment yang telah diajukan awal Maret tahun ini, sehingga dapat persetujuan dari UNESCO.

“Ini harus dilakukan dengan penuh kesungguhan, karena kita ingin bangun pariwisata di Borobudur yang beraspek budaya, konservasi dan juga berdampak positif yang berkualitas dan berkelanjutan,” kata Sandi.

Komentar