Evaluasi Langsung, Menhub, Kapolri, dan Panglima TNI Tinjau Tol Cikampek Untuk Arus Mudik

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melihat langsung situasi arus mudik Lebaran 2024 di gerbang tol Cikampek Utama (Cikatama) pada Senin (8/4/24).

Menhub melakukan penilaian serta memberikan masukan terkait arus mudik selama Angkutan Lebaran (2024) di empat gerbang tol keluar Jakarta, yaitu Cikatama, Kalitama, Ciawi, dan Cikupa.

“Dari apa yang kita lihat, ada perubahan dari tahun yang lalu. Kalau tahun lalu itu pemudik lebih suka siang hari, namun sekarang lebih suka malam, sehingga siangnya cenderung kosong. Nah, bagaimana kita memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat, ini menjadi penting,” kata Menhub Budi Karya, dikutip Selasa (9/4/24)

Menhub juga menyampaikan belasungkawa atas kecelakaan yang terjadi di KM 58 Tol Jakarta ‐ Cikampek pada Senin pagi (8/4).

Menhub menyatakan bahwa kejadian tersebut menjadi pelajaran berharga dan akan dievaluasi untuk penyelenggaraan mudik ke depan, baik dari segi kebijakan maupun sosialisasi kepada masyarakat.

Menhub juga memberikan apresiasi kepada petugas lapangan yang bekerja siang dan malam serta melakukan evaluasi secara berkala untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selain itu, Menhub juga menyarankan kepada para pemudik untuk menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan mudik. “Jika merasa lelah, penting untuk beristirahat di rest area yang telah disediakan,” tambahnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit menyatakan bahwa manajemen arus mudik di empat gerbang tol utama keluar Jakarta berjalan dengan lancar, mulai dari awal masuk di KM 50 hingga KM 414 Kalikangkung.

“Terjadi peningkatan kecepatan untuk pencapaian mulai dari start sampai dengan Jawa Tengah, yang biasanya 8 jam kalau ini menjadi 6,7 jam,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolri menjelaskan bahwa puncak arus mudik pada masa Angkutan Lebaran 2024 terjadi pada H-4 lebaran, berbeda dengan tahun sebelumnya yang pada H-3 lebaran, dengan tingkat kepadatan arus mudik yang lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk menjaga keselamatan perjalanan pada transportasi umum, telah disiapkan layanan tes urine dan tes kesehatan bagi pengemudi bus.

“Kami menghimbau pengemudi tidak memaksakan diri ketika kelelahan karena akan berdampak fatal jika dipaksakan,” imbuhnya.

Komentar