Fosil Spesies Baru Dinosaurus Kerabat Tyrannosaurus Rex Ditemukan di Inggris

JurnalPatroliNews – Spesies baru dinosaurus telah ditemukan di Pulau Wight, Inggris. Kalangan palaentologis dari Universitas Southampton meyakini empat tulang yang ditemukan di Shanklin tahun lalu adalah milik spesies baru dari kelompok jenis pemakan daging dan bipedal (theropod).

Mahkluk ini diperkirakan hidup pada era Cretaceous, 115 juta tahun lalu dan diperkirakan memiliki ukuran tubuh sepanjang empat meter.

Dinosaurus ini diberi nama Vectaerovenator inopinatus dan berasal dari kelompok dinosaurus yang meliputi Tyrannosaurus rex dan burung era modern.

Nama Vectaerovenator inopinatus merujuk rongga-rongga udara yang besar pada tulang yang ditemukan – dari leher, tulang belakang dan ekor makhluk itu.

Tulang-tulang jenis itu adalah salah satu ciri yang membantu ilmuwan mengidentifikasi bahwa makhluk itu bagian dari kelompok theropod.

Rongga-rongga udara ini, juga ditemukan pada burung-burung modern, merupakan perpanjangan dari paru-paru dan kemungkinan “membantu mendorong sistem pernapasan yang efisien sekaligus membuat tulang menjadi ringan”, kata Universitas Southampton.

Shanklin beach
Keterangan gambar,Fosil dinosaurus yang ditemukan di tepi pantai, Shanklin.

Fosil-fosil ini ditemukan di tiga tempat terpisah pada 2019, dan diserahkan kepada Museum Pulau Dinosaurus di Sandown, tempat semuanya dipamerkan.

Robin Ward adalah pemburu fosil dari Stratford-upon-Avon, yang mengunjungi Pulau Wight dengan keluarganya, ketika mereka menemukan tulang-tulang ini.

“Senang sekali telah menemukan tulang-tulang ini, benar-benar fantastis,” katanya.

James Lockyer, dari Spalding, Lincolnshire, juga berkunjung ke pulau tersebut. Dia menemukan bagian tulang lainnya.

The four discovered bones
Keterangan gambar,Empat tulang ditemukan di lokasi terpisah pada 2019.

“Tulang ini nampak berbeda dari jenis reptil laut bertulang belakang yang pernah saya temukan sebelumnya,” katanya.

“Saya mencari sebuah lokasi di Shanklin dan sebelumnya sudah diberitahu, dan membaca bahwa saya tidak akan menemukan banyak hal di sana.

“Bagaimana pun, saya selalu memastikan, saya mencari di area-area di mana orang lain tidak mencari, dan pada kesempatan ini hasilnya terbayar.”

Paul Farrell, dari Ryde, menambahkan: “Saya berjalan di sepanjang pantai, menendang batu, dan menemukan sesuatu yang tampaknya seperti tulang dari seekor dinosaurus.

“Saya sangat terkejut telah menemukannya, dan ternyata ini adalah spesies baru.”

‘Tulang rangka tipis’

Chris Barker, yang memimpin penelitian dari Universitas Southampton mengatakan: “Kami terkejut dengan betapa berongga hewan ini – ia penuh dengan ruang udara.

“Bagian-bagian dari tulang rangkanya pasti lebih tipis.

“Catatan dinosaurus theropod dari ‘pertengahan’ era Cretaceous di Eropa tidaklah bagus, jadi temuan ini benar-benar sangat menarik untuk pengembangan pemahaman kami terkait dengan keberagaman spesies dinosaurus pada masa itu.”

“Anda biasanya tidak akan menemukan dinosaurus pada lapisan tanah di Shanklin, karena mereka berada di dalam habitat maritim. Anda lebih mungkin menemukan fosil tiram atau kayu apung, jadi ini merupakan penemuan yang langka.”

Kemungkinan Vectaerovenator hidup di wilayah utara tempat sisa-sisa tulang telah ditemukan. Adapun bangkainya diperkirakan telah hanyut ke laut dangkal terdekat.

Temuan ini akan dipublikasikan dalam jurnal Palaentology yang ditulis bersama dengan mereka yang menemukan fosil-fosil tersebut.

Silhouette of a theropod indicating where the bones were from
Keterangan gambar,Ini adalah siluet dari seekor theropod yang coba dipasangi fosil yang ditemukan. (BBC Indonesia)