Foto-foto, Hari Ini ! Polisi Siapkan 1.800 Personel, Jelang Sidang Tragedi Kanjuruhan di PN Surabaya

JurnalPatroliNews – Malang,- Inilah foto-foto jelang Sidang Tragedi Kanjuruhan yang diselenggarakan di Pengadilan Negeri Surabaya hari ini, Senin (16/1/2023).

Untuk mengawal Sidang Tragedi Kanjuruhan hari ini, pihak kepolisian telah menyiapkan 1.800 personel.

Agenda yang akan digelar pada sidang perdana ini adalah pembacaan surat dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum atau JPU.

Sidang Tragedi Kanjuruhan perdana juga akan menhadirkan lima tersangka, di antaranya, Ketua Panpel Arema FC Abdul Haris, Security Officer Suko Sutrisno, Danki 3 Brimob Polda Jatim AKP Hasdarmawan, Kabag Ops Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto, dan Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi.

Menurut catatan SIPP PN Surabaya, berkas terdakwa AKP Harmawan selaku Danki 3 Brimob Polda Jatim menempati urutan pertama dalam perkara ini.

Kedua, berkas perkara dari terdakwa Kompol Wahyu Setyo Pranoto selaku Kabag Ops Polres Malang.

Ketiga, AKP Bambang Sidik Achmadi selaku Kasat Samapta Polres Malang.

Ada dua berkas lain adalah dari pihak internal Arema FC. Berkas itu dari Suko Sutrisno selaku Security Officer. Sementara, berkas yang paling terakhir yakni dari terdakwa Abdul Haris selaku Ketua Panpel Arema FC.

Wakil Humas PN Surabaya Agung Gede Agung Pranata mengatakan, sidang akan berlangsung secara berurutan. Artinya, terdakwa yang pertama kali menjalani sidang yakni Harmawan selaku Danki 3 Brimob Polda Jatim.

Sedangkan, terdakwa terakhir yakni Abdul Haris selaku Ketua Panpel Arema FC.

“Biasanya sidang berlangsung berurutan sesuai nomor perkara,” kata Agung.

Tahapan proses sidang setelah agenda pembacaan surat dakwaan yakni terdakwa diberi kesempatan untuk mengajukan eksepsi. Terdakwa boleh mengajukan eksepsi atau tidak.

Terlepas dari itu, sidang akan dilanjutkan dengan pemeriksaan pokok perkara atau pembuktian.

Kemudian, proses selanjutnya pemeriksaan saksi-saksi. Dalam perkara ini informasinya ada 140 saksi.

Masih belum ada kepastian apakah semua bakal dihadirkan di PN Surabaya atau tidak. Tetapi, sudah ada kabar sidang perkara ini bakal dikebut. Dalam seminggu akan diadakan sidang sebanyak tiga kali.

Persidangan ini dipercepat karena ada kabar 20 Mei sampai 11 Juni 2023 mendatang, Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Venuenya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

1. 1800 Personel Disiapkan

2. Polisi Bersenjata Lengkap

3. Lakukan Apel Sebelum Sidang

Aremania Ingin Datang ke Surabaya

Aremania tetap berkeinginan datang ke Surabaya untuk mengawal jalannya sidang perdana tragedi Kanjuruhan.

“Yang jelas kami tetap berangkat. Namun, kami tetap melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan tim hukum,” ujar Andy Koreng dari Tim Gabungan Aremania (TGA) saat dikonfirmasi

Namun, dirinya belum dapat mengungkapkan berapa jumlah Aremania yang akan berangkat menuju Surabaya.

“Kami berkoordinasi dan berkomunikasi dahulu dengan tim hukum. Yang jelas, kami berharap TGA secara full tim berangkat,” tambahya.

Komentar