FPI Gelar Aksi Bela Palestina di Kedubes AS dan Mesir, Ribuan Polisi Dikerahkan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Aparat kepolisian dikerahkan untuk mengamankan Aksi Bela Palestina oleh Front Persaudaraan Islam (FPI) di Kedutaan besar Amerika Serikat dan Mesir di wilayah Jakarta Pusat, Minggu (19/5).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro, menyatakan bahwa 1.648 personel polisi diturunkan untuk mengawal jalannya aksi tersebut.

“Kami mengimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara, tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya,” kata Susatyo.

Rekayasa lalu lintas akan disesuaikan dengan situasi di lapangan. Jika diperlukan, arus lalu lintas akan dialihkan dan Jalan Medan Merdeka Selatan mungkin akan ditutup.

“Maka kami imbau untuk masyarakat yang akan melintas di depan Kedubes AS jalan Merdeka Selatan agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat di depan Kedubes AS,” tegas Kapolres.

Para peserta aksi Bela Palestina diharapkan memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya dan tertib dalam menyampaikan pendapat di muka umum.

“Seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis,” ujar Kapolres.

Komentar