Ganjar Pastikan Perbaiki Tata Ruang Mitigasi Bencana Alam Termasuk Edukasi Masyarakat

JurnalPatroliNews – Donggala – Ganjar Pranowo, Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 yang melakukan kampanye di Palu, Sulawesi Tengah, memastikan telah merancang skema mitigasi bencana bila terpilih menjadi Presiden 2024.

Selengkapnya, terdiri ada dua hal yang akan diupayakan oleh Ganjar dalam melakukan skema memitigasi bencana alam.

 “Satu, tata ruang, tata ruangnya mesti firm betul sehingga ketika akan dilakukan sebuah pemanfaatan di atasnya, mesti memperhatikan satu perencanaan,” ujar Ganjar kepada awak media di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Senin (4/12/23).

Selanjutnya kedua, Ganjar akan bersinergi pada lembaga negara yang terkait seperti, BNPB hingga BPBD untuk mengedukasi masyarakat dalam upaya mengurangi mitigasi risiko bencana. Dalam mengedukasi agar memahami lebih dalam lagi mengenai mitigasi, Dia berencana akan melibatkan para relawan untuk bersiap menghadapi ancaman bencana.

“Kalau masyarakat sudah teredukasi, mereka biasanya punya early warning system yang punya karakter lokal, sehingga kalau terjadi sesuatu mereka bisa menangani dan menyelamatkan diri sendiri,” imbuhnya.

“Kami punya beberapa contoh-contoh berbasis komunitas yang bisa melakukan itu dan ini menjadi perhatian utama kita. Termasuk memitigasi kerusakan karena ulah manusia, itu yang mesti disiapkan,” pungkas Ganjar.

Komentar