Hacker China Bidik Organisasi Pemerintah di Asia Tenggara, Indonesia Masuk Target Utama

JurnalPatroliNews – Jakarta – Laporan perusahaan keamanan siber swasta Amerika Serikat Insikt Group mengatakan, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam merupakan target utama dari serangan hacker China. Selain itu, Myanmar, Filipina, Laos, Thailand, Singapura, dan Kamboja juga disebut menjadi target mereka.

Hacker China diduga melancarkan aksinya dalam  menargetkan organisasi pemerintah dan sektor swasta di seluruh Asia Tenggara, termasuk di Indonesia menggunakan malware terkustomisasi seperti FunnyDream dan Chinoxy. Disebut para peretas China ini mendapat sokongan dana dari negara.

Lebih spesifik, dijelaskan dalam laporan tersebut target hacker China yakni, Kantor Perdana Menteri Thailand dan Tentara Thailand, Angkatan Laut Indonesia dan Filipina, Majelis Nasional Vietnam dan Kantor Pusat Partai Komunisnya, serta Kementerian Pertahanan Malaysia.

“Banyak dari insiden yang diidentifikasi berlangsung selama beberapa bulan, sehingga sangat mungkin bahwa masing-masing pelaku serangan mempertahankan akses jangka panjang ke jaringan korban dan dapat memperoleh data korban selama periode waktu ini untuk mendukung upaya pengumpulan intelijen,” ungkap Insikt Group dikutip dari Nikkei.

Insikt mengatakan bahwa jenis malware yang digunakan peretas China tak tersedia untuk umum dan digunakan oleh banyak kelompok yang disponsori oleh pemerintah China.

“Kami percaya aktivitas ini sangat mungkin melibatkan negara, karena target yang diamati merupakan target pemerintah bernilai tinggi, dan target politik sesuai dengan aktivitas spionase siber, ditambah dengan tautan teknis yang teridentifikasi ke aktivitas yang disponsori negara China,” ujar Inskit dilansir dari Taipei Times.

Sebelumnya otoritas China secara konsisten membantah segala bentuk peretasan yang disponsori negara, justru China mengatakan bahwa negaranya sendiri adalah target utama serangan siber.

Kementerian Luar Negeri China tidak segera menanggapi permintaan komentar atas tuduhan tersebut.

Komentar