Heboh! Wisatawan Beri Makan Kuda Nil Sampah Plastik di Taman Safari Bogor

JurnalPatroliNews – Bogor – Seorang wisatawan di Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor, Jawa Barat, menjadi sorotan setelah memberi makan sampah plastik kepada seekor kuda nil.

Aksi wisatawan itu pun viral di media sosial dan banyak diunggah oleh akun-akun warganet di X maupun Instagram.

Salah satu unggahan viral berasal dari akun Instagram @fakta.jakarta pada Jumat (21/6/2024). Unggahan tersebut menulis, “Pengunjung Taman Safari Masukin Wortel ke Hidung Rusa dan Beri Makan Sampah Plastik ke kuda nil.”

Tanggapan Taman Safari Bogor

Public Relation Taman Safari Bogor, Yuska Apitya Aji, mengonfirmasi insiden tersebut. Kejadian ini terjadi pada Kamis (20/6/2024) pukul 13.21 WIB, dengan pelaku mengendarai mobil berpelat nomor B 1949 CIC.

“Pengunjung ini bandel dan tidak mengikuti SOP atau aturan yang berlaku. Di area kuda nil, dia melemparkan plastik ke mulut kuda nil dan sudah ditegur oleh petugas,” kata Yuska pada Sabtu (22/6/2024), seperti dikutip dari Kompas.com.

Petugas berhasil mengeluarkan plastik dari mulut kuda nil. Selain itu, wisatawan tersebut juga melanggar SOP di area harimau dengan membuka jendela mobil dan menepuk pantat zebra, tindakan yang dilarang keras.

Pencarian Identitas Pelaku

Yuska menambahkan bahwa Taman Safari Indonesia sangat mengecam tindakan tersebut. “TSI sebagai lembaga konservasi yang menjunjung tinggi nilai konservasi dan perlindungan satwa mengutuk keras tindakan pengunjung itu,” tegasnya.

Saat ini, pihak Taman Safari sedang menelusuri identitas wisatawan tersebut untuk memberikan sanksi peringatan berupa pernyataan maaf atas tindakannya. “Sanksi ini diharapkan menjadi pelajaran bagi pengunjung lain untuk menaati SOP,” pungkasnya.

Komentar