Imbauan! Pemudik Tidak Pulang Kampung Pakai Sepeda Motor, Ini Kata Menhub

JurnalPatroliNews – Jakarta – Masyarakat diimbau menghindari penggunaan sepeda motor sebagai kendaraan mudik Lebaran 1444 hijriah.Imbauan tersebut disampaikan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dengan tujuan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan kendaraan roda dua yang diklaim masih tinggi.

“Kami sampaikan kepada saudara-saudara kita tercinta, seyogianya tidak mudik menggunakan motor,” kata Budi dalam keterangan pers yang disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Kabinet, Jumat (24/3).Budi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk memantau pergerakan pemudik yang menggunakan sepeda motor.

“Kami berkoordinasi dengan polisi, Korlantas, bahwa tingkat kecelakaan paling tinggi adalah penggunaan kendaraan bermotor. Apalagi yang ditempuh kira-kira dari tiga jam sampai 10 jam (perjalanan mudik), jadi melelahkan sekali,” ujarnya.

Untuk kendaraan roda empat, Kemenhub memprediksi akan ada peningkatan jumlah pemudik. Prediksi sementara, akan ada penambahan 22 persen mobil mengaspal di sepanjang jalur mudik lebaran jika dibandingkan dengan tahun lalu.Guna meminimalisir terjadinya penumpukan di sejumlah ruas tol, pemerintah menyediakan mobil mudik gratis untuk masyarakat.”Tentu kami tidak tinggal diam, kami melakukan upaya mudik gratis,” demikian Budi.

Komentar