Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara Akan Selesai Bulan Depan, Jokowi Siap Pindah

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo optimis bahwa pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, akan selesai pada pertengahan Juli 2024.

“Pembangunan di sini diperkirakan selesai pada pertengahan Juli dan akan mulai dipersiapkan untuk upacara 17 Agustus,” kata Jokowi dalam pernyataannya pada Rabu (6/6/2024).

Dalam kunjungannya, Jokowi berkeliling untuk melihat perkembangan proyek pembangunan Istana Presiden serta lapangan upacara yang akan digunakan untuk peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Presiden didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Jokowi memeriksa kesiapan lokasi untuk upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

“Persiapan untuk 17 Agustus sudah hampir selesai, tidak ada masalah di lapangan. Kami memeriksa satu per satu lokasi venue dan urutan upacara, semuanya sudah tidak ada kendala,” ujarnya.

Jokowi juga menyatakan kesiapannya untuk mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara pada Juli 2024, sambil menunggu ketersediaan air di lokasi tersebut.

“Kemarin kami sudah meresmikan Bendungan Sepaku Semoi, tinggal menunggu pemasangan pompa untuk menaikkan air dan mengalirkannya ke bangunan serta rumah-rumah di IKN,” jelasnya.

Bendungan Sepaku Semoi berfungsi sebagai penyedia air baku di kawasan IKN dengan kapasitas 2.000 liter per detik, dan untuk Balikpapan sebesar 500 liter per detik. Pembangunan gedung kantor presiden yang dimulai oleh Kementerian PUPR sejak November 2022, saat ini telah mencapai progres sebesar 71,8%.

Komentar