Jokowi dan MPR Sepakati Pidato Nota Keuangan 16 Agustus Tetap di Jakarta

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat (28/6/2024). Pertemuan ini membahas pelaksanaan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun ini yang akan diadakan secara hybrid.

Hadir dalam rapat tersebut Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan delapan Wakil Ketua MPR RI, yaitu Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Jazilul Fawaid, Sjarifuddin Hasan, Muhammad Hidayat Nur Wahid, Yandri Susanto, Muhammad Amir Uskara, dan Fadel Muhammad, serta Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan bahwa sidang-sidang terkait peringatan kemerdekaan akan tetap dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Bapak Presiden menegaskan bahwa sidang-sidang dalam Peringatan Kemerdekaan HUT RI agar tetap seperti tahun-tahun yang lalu, yaitu Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, serta Sidang Paripurna DPR RI tentang RAPBN 2025,” kata Pratikno dalam keterangan resmi, Jumat (28/6/2024).

Pratikno juga menjelaskan bahwa upacara militer Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI akan diadakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan peserta terbatas, sementara upacara lainnya akan digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

“Mengenai undangan pimpinan MPR RI kepada Presiden untuk hadir pada Peringatan Hari Konstitusi pada 18 Agustus 2024 malam di Jakarta, Presiden menyatakan akan mengatur waktu untuk bisa hadir,” tambah Pratikno.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah menyebutkan bahwa ada tiga agenda utama yang dibahas dengan Presiden.

Pertama, pelaksanaan Sidang Tahunan MPR untuk mendengarkan laporan kinerja lembaga negara yang disampaikan oleh Presiden Jokowi. Menurut Basarah, pelaksanaan sidang tahunan MPR tetap dijadwalkan pada 16 Agustus.

“Kami telah berdiskusi dengan Presiden dan pimpinan MPR, dan disepakati bahwa Sidang Tahunan MPR pada 16 Agustus 2024 akan tetap diadakan di gedung DPR MPR RI dengan metode yang sama seperti tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Kedua, peringatan kemerdekaan RI akan diadakan di dua lokasi, yaitu Istana Negara dan Ibu Kota Nusantara.

Ketiga, rencana peringatan Hari Konstitusi pada 18 Agustus 2024. Basarah menjelaskan bahwa MPR mengundang Presiden untuk menghadiri acara tersebut, termasuk menyelesaikan Keputusan Presiden terkait Hari Lahir Pancasila.

“Kami mengundang Presiden untuk melengkapi keppresnya dengan menghadiri peringatan Hari Konstitusi pada 18 Agustus 2024 mendatang,” ujar Basarah.

Komentar