Kabar Hoax Gunung Ruang, Buat Panik Warga Tagulandang Sulut

JurnalPatroliNews – Tagulandang,– Kepanikan terjadi terhadap masyarakat di Tagulandang, Sulawesi Utara atas informasi palsu tentang adanya erupsi lebih dahsyat dan potensi gelombang laut, pasca erupsi Gunung Ruang pada 30 April 2024 lalu.

 “Sekedar info bahwa saat ini masyarakat Tagulandang dibuat panik dengan adanya informasi bahwa, pada tanggal 5 mei 2024, akan kembali terjadi erupsi uang lebih besar dari sebelum, dan air laut akan naik setinggi 25 M,” kata Gustaf Pangsing Warga Mahagiang sembari meminta pihak yang berkompeten dapat memberikan informasi yang jelas terkait situasi yang ada, sehingga masyarakat tidak panik.

Lanjut Gustaf, menerangkan, bahwa informasi tersebut tidak diketahui sumbernya, karena menyebar dari mulut ke mulut, karenanya diminta dari pihak yang berkompeten, dapat memberikan pernyataan resmi terkait situasi yang ada.

“Jika situasinya baik-baik saja, berikan saja himbauan, agar masyarakat tetap tenang, jika sebaliknya tolong berikan instruksi yang jelas,” tambahnya.

Sementara itu, sesuai laporan aktivitas gunung Ruang periode pengamatan 02-05-2024 pukul 06.00-12.00, visual gunung jelas, kabut 0-I, hingga kabut 0-II.

Asap kawah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 200-500 m di atas puncak kawah.

Kegempaan vulkanik dangkal jumlah: 8, amplitudo : 4-11 mm, durasi : 5-10 detik.

Vulkanik dalam jumlah: 1, Amplitudo : 30 mm, S-P : 2.14 detik, Durasi : 15 detik.

Tektonik jauh jumlah : 3, Amplitudo : 8-11 mm, S-P : tidak terbaca, Durasi : 38-82 detik.

Tingkat aktivitas Gunung Ruang Level IV (Awas), olehnya direkomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 7 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Komentar