Karna Masalah Sertifikasi Vaksin Meningitis Jemaah Umrah Gagal Berangkat, Ini Penjelasan Kemenag..

JurnalPatroliNews – Jakarta – Puluhan anggota jemaah umrah di Surabaya gagal berangkat karena masalah sertifikasi vaksin meningitis. Kemenag rapat bersama Kemenkes dan perwakilan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) membahas masalah tersebut.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief mengatakan animo masyarakat Indonesia untuk ibadah umrah saat ini sangat besar dan terus meningkat. Dalam dua bulan terakhir, lebih dari 200 ribu anggota jemaah Indonesia yang berangkat umrah.

Example 300x600

Namun saat ini penyelenggaraan umrah dihadapkan pada kondisi kelangkaan vaksin meningitis. Kelangkaan ini sempat berdampak pada batalnya keberangkatan sejumlah jemaah umrah dari Bandara Juanda, Surabaya, pada 26 September 2022.

Regulasi Kementerian Kesehatan masih mengharuskan jemaah yang akan melakukan perjalanan luar negeri harus mendapat vaksin meningitis terlebih dahulu. Dia berharap ada solusi dari pihak terkait terkait kelangkaan ini.

“Regulasi dari Kemenkes, sampai saat ini masih sama. Para jemaah dan PPIU tetap diminta untuk menaati regulasi yang ada tentang vaksin meningitis,” pesan Hilman Latief dalam keterangan tertulis, Rabu (28/9/2022).

Komentar