Keren..! Percepat Hilirisasi Baterai Kendaraan Listrik, Jokowi: RI Akan Menuju Peradaban Negara Maju!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo (Jokowi), terus berupaya menyelesaikan pembangunan hulu-hilir baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia. Ia meyakini, produksi massal baterai ini, dapat mendongkrak pertumbuhan perekonomian Indonesia secara signifikan.

Jokowi menilai, hal ini mampu membawa RI menuju ke peradaban Negara maju. Apabila hulu-hilir ini berhasil terbentuk, maka Investor-investor luar akan berdatangan dengan sendirinya.

“Saya mati-matian untuk ini. Begitu ini jadi, saya sampaikan kepada Menko Marinves, saya sampaikan kepada Menteri Investasi, tidak usah ke mana-mana, mau marketing soal Investasi,” ujar Jokowi, di Kompas100 CEO Forum 2022, dikutip kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (02/12/22).

“Percaya saya. Mereka yang akan datang ke kita, untuk mencari, untuk beli, baterai EV kita,” imbuhnya.

Presiden memperkirakan, 2026-2027 lompatan Ekonomi RI sudah akan terlihat. Banyak Investor ke depannya akan berbondong-bondong masuk ke RI, seiring dengan industri otomotif EV yang akan menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil.

“Begitu ini jadi, saya kemarin hitung-hitungan, 60% mobil listrik, kendaraan listrik akan bergantung pada EV baterai kita. 60% dari pangsa pasar yang ada di dunia. inilah kekuatan besar kita nanti,” ucapnya.

“Lompatan mengenai Pajak, entah Pajak atau Royalti, entah kalau kita ikut di dalam Dividen, Ekspor, PNBP, pasti 2026-2027 akan melompat sangat tinggi sekali. Sekarang saja sudah mulai kelihatan, ini baru mulai,” tandasnya.

Komentar