Ketua DPD Mandala Trikora, Ali Kabiay : Papua Bagian Sah Dari NKRI, Akan Terus Kami Jaga

Jurnalpatrolinews – Jayapura : Tanggal 19 Desember merupakan hari bersejarah bagi masyarakat Papua sebagai Hari Peringatan Trikora yang sekaligus menegaskan bahwa Papua merupakan bagian sah dari NKRI. Hal ini seperti yang disampaikan Ali Kabiay (Ketua DPD Pemuda Mandala Trikora) dalam kegiatan jumpa pers pada salah satu cafe di Kotaraja, Kota Jayapura (19/12/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Ali menegaskan bahwa kegiatan jumpa pers tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Trikora.

“Trikora sendiri merupakan bagian dari perjuangan bangsa Indonesia untuk merebut Irian Barat yang sekarang kita sebut Papua dari tangan pihak Belanda dan pada tanggal 19 Desember 1961 Soekarno mengumandangkan Trikora di alun-alun utara Kota Jogjakarta dan beliau menunjuk Mayor Jenderal Soeharto sebagai panglima Komando Mandala untuk merebut Irian Barat dari tangan Belanda,” jelas Ali Kabiay.

Ali juga menegaskan bawah dirinya melihat dinamika yang berkembang di tanah Papua, maka pihaknya sebagai generasi muda Papua khususnya dari organisasi dewan pimpinan daerah Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua, akan tetap bersama dengan pemerintahan yang sah bersama-sama untuk menjaga dan merawat kedaulatan Bangsa dan Negara Republik Indonesia dan Papua sudah sah sudah final menjadi bagian integral Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pihaknya juga mengeluarkan pernyataan sikap, yang salah satunya menginginkan tindakan pemberantasan Korupsi di Papua harus lebih intens lagi.

“KPK , Kejaksaan dan Kepolisian harus lebih berani lagi untuk memberantas Korupsi di Papua, agar rakyat di Papua merasa bahwa negara benar-benar hadir untuk rakyatnya, termasuk dengan audit dan evaluasi menyeluruh Otonomi Khusus di Papua sehingga rakyat benar-benar dapat merasakan manfaat otsus tersebut termasuk dananya,” tegasnya.  (kamera papua)

Komentar