Kodam Jaya: Prajurit TNI Kebetulan Melintas di Petamburan

JurnalPatroliNews – Jakarta, Kepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel (Inf) Refki Efriandana Edwar merespons video yang menunjukkan sejumlah prajurit TNI melintas di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat. Petamburan terkenal dengan markas Front Pembela Islam (FPI).

Refki mengaku belum menerima informasi lengkap terkait aktivitas prajurit TNI tersebut. Ia pun menduga pasukan TNI itu sedang melakukan tugas rutin dan melintas di wilayah Petamburan.

“Terlihat sepertinya hanya dalam tugas rutin kok, mungkin kebetulan saja melintas di daerah Petamburan,” kata Refki saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Kamis (19/11) malam.

Refki mengatakan keberadaan aparat TNI yang melintas di wilayah-wilayah Indonesia merupakan hal biasa. Menurutnya, tak ada juga larangan aparat TNI melintas di wilayah Petamburan.

“Bukankah tidak ada yang melarang toh kalau ada satuan TNI yang melintas di daerah sana,” ujarnya.

Namun, Refki belum bisa memberi informasi prajurit TNI dari satuan mana yang terlihat dalam video viral di media sosial.

Hanya saja, kata Refki, jika melihat dari kendaraan yang digunakan aparat tersebut, mereka bisa dipastikan bukan berasal dari kesatuan Kodam Jaya.

“Kalau dari ciri-ciri kendaraannya itu bukan kendaraan organik satuan di jajaran Kodam Jaya. Jika benar itu mobil dari Mabes TNI itu di luar Opsnal satuan kami,” katanya.

Front Pembela Islam (FPI) sendiri merespons santai aktivitas pasukan TNI di Petamburan, dekat rumah Rizieq Shihab, sore ini.

Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar menyebut kabar di media sosial soal pasukan TNI sedang unjuk kekuatan di daerah Petamburan keliru.

“Tidak benar kalau unjuk kekuatan ah,” kata Aziz kepada CNNIndonesia.com, Kamis (19/11).

Sebelumnya, beredar video di Twitter yang menunjukkan sejumlah pasukan TNI di daerah Petamburan, Jakarta. Akun @ariefnoviandi_ membubuhi keterangan pasukan TNI sedang unjuk kekuatan.

Dalam video itu, terlihat empat kendaraan TNI yang dikawal satu voorijder. Di salah satu bagian kendaraan taktis tertulis Kopassus TNI.

Daerah Petamburan jadi sorotan publik sepekan ke belakang menyusul kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab dari Arab Saudi. Selain itu, ada beberapa kegiatan yang diduga melanggar protokol kesehatan di daerah itu.

Salah satunya kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan anak Rizieq pada Sabtu (14/11). Acara itu dihadiri ribuan orang tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

(cnn)

Komentar