Lebaran Terakhir Sebagai Presiden RI, Jokowi Titip Pesan Ini

JurnalPatroliNews – Jakarta – Hari raya Idul Adha kali ini menjadi momen terakhir bagi Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden Republik Indonesia (RI). Dalam kesempatan ini, Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh umat Muslim yang merayakan hari besar ini.

“Berkurban menjadi salah satu ekspresi syukur dan rasa ikhlas kita atas berkah Allah SWT,” tulisnya melalui sosial media Instagramnya, dikutip Senin (17/6).

Jokowi berharap semangat Idul Adha dapat mempererat persatuan bangsa Indonesia.

“Selamat Hari Raya Iduladha 1445H. Semoga semangat hari raya ini memperkokoh persatuan kita, demi Indonesia yang damai dan maju,” ucapnya.

Jokowi juga turut berkurban dengan menyembelih seekor sapi di Masjid Al-Akbar Surabaya. Sapi kurban tersebut diberi nama Mbrebes Mili.

Helmy M Noor, Sekretaris Badan Pelaksana dan Pengelola (BPP) Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, menjelaskan bahwa sapi milik Jokowi tiba pada Minggu (16/6) pagi. Sapi jenis peranakan Ongole ini memiliki berat satu ton dan dibeli dari seorang peternak bernama Teguh di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

“Presiden Jokowi berkurban sapi jenis peranakan Ongole berusia 5 tahun dengan berat 1.010 kilogram,” ungkap Helmy, dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (16/6/2024).

Helmy mengungkapkan bahwa sapi tersebut dinamai Mbrebes Mili karena sang peternak, Teguh, merasa sangat bahagia sapinya dibeli oleh Presiden untuk kurban di tahun 2024. “Mbrebes mili” dalam bahasa Jawa berarti “mengalir”, yang dalam konteks ini menggambarkan perasaan haru.

Selain sapi milik Jokowi, ada juga hewan kurban dari beberapa pejabat lainnya seperti Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, dan mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Helmy juga menyebutkan bahwa jumlah hewan kurban di Masjid Al Akbar tahun ini diperkirakan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Tahun lalu, tercatat ada 30 sapi dan 40 kambing. Hingga malam Iduladha tahun ini, sudah ada 26 sapi dan hampir 40 kambing.

Pemotongan hewan kurban di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya akan dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Juni 2024. “Pemotongan hewan kurban akan dilakukan H+1, tepatnya pada hari Selasa tanggal 18 Juni 2024,” tutupnya.

Komentar