Luhut Siap Dampingi Prabowo untuk Hilirisasi Rumput Laut

JurnalPatroliNews – Jakarta – Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, mengungkapkan pentingnya menjadikan hilirisasi rumput laut sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Menurutnya, langkah ini dapat membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia, termasuk menciptakan jutaan lapangan kerja baru.

Luhut menyatakan bahwa rencana besar ini telah disampaikan kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

“Kita mau bikin ini (hilirisasi rumput laut jadi PSN), karena ini menurut hitungan tim riset saya, kalau ini kita bikin 1,2 juta hektare secara bertahap itu kita bisa mempekerjakan langsung hampir 1 juta orang, apalagi yang tidak langsung, bisa berapa banyak (pekerjanya),” kata Luhut saat ditemui di Hotel Merusaka Nusa Dua, Bali, Rabu (22/5/2024).

Luhut menambahkan bahwa hilirisasi rumput laut adalah sebuah terobosan yang selama ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan langsung kepadanya untuk menetapkan hilirisasi rumput laut sebagai PSN.

“Pak Jokowi sudah perintahkan saya waktu itu, tapi sekarang baru kelihatan buahnya setelah beberapa lama,” ujarnya.

Melaporkan ke Prabowo

Luhut juga telah melaporkan rencana ini kepada Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto, untuk memastikan kelanjutan proyek hilirisasi rumput laut ke depannya.

“Kami sudah laporkan pada presiden terpilih. Beliau juga dengan cepat respon, karena beliau komitmen untuk meneruskan,” jelas Luhut.

Luhut juga menyatakan kesiapannya untuk mendampingi Prabowo dalam melanjutkan proyek hilirisasi rumput laut ini.

“Gampang itu nanti (di pemerintahan Prabowo) kita dampingi. (Karena) ini strategis, lah kan menciptakan lapangan kerja jutaan gitu ya,” tutupnya.

Komentar