Mendag Blusukan Ke Pasar Sederhana, Pastikan Stok Pangan Jelang Idul Adha Aman

JurnalPatroliNews – Jakarta – Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan, telah melakukan peninjauan terhadap persediaan bahan pangan di Pasar Sederhana Kota Bandung, menjelang perayaan Idul Adha. Kunjungannya bertujuan untuk memastikan ketersediaan stok pangan menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini.

“Jadi Lebaran Haji ini tidak akan ada masalah sembako, barangnya banyak, harganya stabil, Insya Allah lebaran lancar,” ucap Mendag usai melakukan peninjauan Pasar Sederhana di Bandung, Sabtu.

Selama kunjungannya, Zulkifli Hasan berinteraksi dengan beberapa pedagang, termasuk pedagang beras, daging ayam, dan telur. Berdasarkan pemantauannya, harga beberapa bahan pokok masih dalam kisaran normal dan tidak mengkhawatirkan.

Misalnya, harga daging sapi berkisar Rp140 ribu per kilogram, bawang merah Rp40 ribu per kilogram, dan telur Rp28 ribu per kilogram. Namun, dia juga mencatat bahwa harga daging ayam terlalu rendah, di mana pemerintah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) sekitar Rp39 ribu hingga Rp40 ribu.

“Harga daging ayam Rp35 ribu itu terlalu murah ya kan kasihan peternaknya bisa tutup dia,” ujarnya.

Selain meninjau pasar, Zulkifli Hasan juga mendistribusikan 200 paket beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) kepada pengunjung pasar yang kurang mampu, sebagai upaya untuk meringankan beban ekonomi mereka.

“Yuk kita sekarang bagi beras untuk rakyat,” jelas Zulhas.

Komentar