Menlu China Temui Prabowo, Bahas Kerja Sama Pertahanan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan dan Presiden terpilih Indonesia, menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, pada hari Kamis (18/4/2024).

Menurut pernyataan resmi Kemhan, Wang Yi menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Prabowo dalam Pilpres 2024. Keyakinannya adalah bahwa Prabowo akan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

“Sekali lagi izinkan saya mengucapkan selamat kepada Yang Mulia, terpilih sebagai presiden Republik Indonesia dengan suara terbanyak dalam sejarah pemilu Indonesia,” kata Wang Yi.

Selain ucapan selamat, keduanya juga membahas sejumlah kerja sama dalam bidang pertahanan, termasuk pendidikan, latihan bersama, dan pengembangan industri pertahanan.

Hubungan antara Indonesia dan Tiongkok telah terjalin erat dengan berbagai kolaborasi bilateral. Di bidang pertahanan, keduanya telah bekerja sama dalam pendidikan dan latihan militer sejak tahun 1970-an.

Kerja sama pendidikan tersebut masih berlanjut hingga hari ini, dengan sejumlah personel pertahanan Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Tiongkok, dan sebaliknya, prajurit dari Tiongkok yang belajar di Indonesia.

Pembicaraan juga mencakup rencana untuk melaksanakan latihan militer bersama antara Indonesia dan Tiongkok. Prabowo melihat bahwa pertukaran pengalaman antara kedua pasukan militer akan memberikan kontribusi positif bagi pertahanan kedua negara.

“Kami mengapresiasi antusiasme China dalam merencanakan latihan bersama dengan Indonesia,” kata Prabowo.

“Pertukaran pengalaman yang sangat berharga, pengembangan kemampuan, dan peningkatan interoperabilitas merupakan elemen penting guna memberikan kontribusi positif terhadap keamanan regional dan global,” tambahnya.

Sebelum pertemuan dengan Wang Yi di Jakarta, Prabowo juga bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang, dan Menteri Pertahanan Tiongkok Dong Jun dalam kunjungan kehormatan di Beijing pada awal April 2024.

Prabowo menyatakan harapannya agar rencana latihan bersama dengan Tiongkok dapat segera direalisasikan.

 “Kami sangat berharap rencana latihan bersama kedua negara tersebut dapat terealisasi dalam waktu dekat,” pungkasnya.

Komentar