Ngerii..! Intelijen Rahasia Memiliki Peran Publik yang Luar Biasa Dalam Perang Ukraina

JurnalPatroliNews – London,- Perang di Ukraina adalah konflik di mana mata-mata datang dari dingin dan menjadi pusat perhatian.

Sejak Rusia menginvasi tetangganya pada akhir Februari, badan-badan intelijen di AS dan Inggris telah sangat bersedia untuk mempublikasikan penilaian intelijen rahasia mereka tentang apa yang terjadi di medan perang – dan di dalam Kremlin.

A.S. minggu ini mendeklasifikasi temuan intelijen yang mengklaim bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin mendapat informasi yang salah tentang kinerja militernya yang buruk di Ukraina oleh para penasihat yang takut untuk mengatakan yang sebenarnya kepadanya. Pada hari Kamis seorang kepala mata-mata Inggris mengatakan pasukan Rusia yang mengalami demoralisasi menolak untuk melaksanakan perintah dan menyabotase peralatan mereka sendiri.

Jeremy Fleming, yang mengepalai badan intelijen elektronik Inggris GCHQ, membuat komentar dalam pidato publik di mana dia mengatakan “kecepatan dan skala” di mana intelijen rahasia dirilis “benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya.”

Mark Galeotti, seorang ahli Rusia di University College London, setuju bahwa kampanye intelijen publik “mencerminkan fakta bahwa kita sekarang hidup di zaman yang berbeda, secara politik dan internasional. Dan ini adalah jenis perang yang berbeda.”

Para pejabat mengatakan aliran intelijen yang tidak diklasifikasikan – yang mencakup pengarahan rutin kepada wartawan di Washington dan London dan pembaruan Twitter harian dari kementerian pertahanan Inggris – memiliki beberapa tujuan. Sebagian untuk memberi tahu Putin bahwa dia sedang diawasi, dan untuk membuatnya mempertanyakan apa yang diperintahkan kepadanya. Ini juga dirancang untuk memberanikan militer Rusia untuk mengatakan yang sebenarnya kepada Putin, dan untuk menyampaikan kepada publik Rusia bahwa mereka telah dibohongi tentang perang.

AS dan Inggris juga telah merilis penilaian intelijen dalam upaya untuk mencegah tindakan Rusia. Itulah yang terjadi dengan peringatan baru-baru ini bahwa Rusia mungkin bersiap untuk menggunakan senjata kimia di Ukraina.

Komentar