Oerlikon 472 Paskhas Deteksi Terintegrasi Radar Kohanudnas, Tersamar Smart Bomb Musuh

Jurnalpatrolinews – Makassar : Denhanud 472 Paskhas yang berkedudukan di bawah Wing II Paskhas yang berada di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar melaksanakan latihan Puncak Wing II Paskhas (Hardha Marutha II).

Peran Baterai Hanud dalam Operasi Perebutan dan pengendalian Pangkalan Udara (OP3U) adalah melaksanakan Air Landed dan menggelar Pertahanan Udara dengan menggunakan senjata Oerlikon Skyshield MK-2 buatan Swiss.

Senjata ini sangatlah modern dan paling ditakuti karena kecanggihannya. Senjata ini telah terintegrasi dengan Radar yang ada di Jajaran Kohanudnas sehingga Sebelum sasaran tertangkap radar yang ada di Oerlikon, Terlebih dahulu akan ditangkap oleh radar yang ada di Jajaran Kohanudnas dan dapat di monitor dari Command Post Oerlikon sehingga dengan mudah senjata ini akan dapat mendeteksi, mengunci dan menembak pesawat musuh.

Untuk pengelabuan Posisi titik gelar Hanud itu sendiri digunakan GPS Jammer yang mempunyai kemampuan untuk mengacak sinyal frekuensi GPS dari satelit sehingga perangkat GPS tidak bisa menerima sinyal GPS. Hal ini mengakibatkan perangkat GPS tidak dapat mentransmisikan data Positioning, Navigation and Timing (PNT) yang dibutuhkan oleh perangkat navigasi lainnya untuk Pointing Target.

Radar Oerlikon dengan daya deteksi yang sangat luas dan tersamar dengan baik siap mempertahankan Pangkalan Udara dari serangan udara musuh.

 

Komentar