Pastikan Keamanan Pasokan Energi, Komut & Dirut Pertamina Tinjau Langsung di Lapangan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Untuk memastikan kelancaran pasokan energi selama libur Iduladha 2024, Dewan Komisaris dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) melakukan inspeksi ke berbagai fasilitas di Jakarta dan sekitarnya. Kegiatan ini juga diikuti oleh Direktur Utama Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga.

Inspeksi dimulai dengan kunjungan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati ke Pertamina Integrated Enterprise Data and Center Command (PIEDCC) di Grha Pertamina. Dalam kunjungan tersebut, Nicke didampingi oleh SVP Integrated Enterprise Data and Command Center Ignatius Sigit Pratopo.

Selama kunjungannya, Nicke memantau operasional Pertamina mulai dari produksi hulu, keandalan kilang hingga distribusi bahan bakar minyak (BBM) dan liquified petroleum gas (LPG) di seluruh Indonesia melalui teknologi digital dan pusat data secara real-time.

“Dari pemantauan kami, baik stok nasional maupun stok di masing-masing wilayah pemasaran Pertamina berada dalam kondisi aman. Baik BBM maupun LPG. Jadi insyaallah semuanya bisa kami kelola dengan baik dan masyarakat bisa merayakan Iduladha dengan tenang. Perjalanan dan kegiatan memasak dengan LPG juga aman,” kata Nicke dalam pernyataan tertulis pada Minggu (16/6/2024).

Setelah kunjungan tersebut, Nicke bersama Dewan Komisaris PT Pertamina (Persero) mengunjungi Integrated Terminal Jakarta (ITM) di Plumpang, Tanjung Priok. Inspeksi di ITM Plumpang dihadiri oleh Komisaris Utama Pertamina Simon Aloysius Mantiri, Komisaris Independen Condro Kirono, serta Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan.

Simon menekankan pentingnya kunjungan ini untuk memastikan ketersediaan energi selama libur Iduladha. Pertamina memastikan stok BBM dan LPG aman guna menghadapi lonjakan permintaan selama perayaan tersebut.

“Kunjungan ini penting untuk memastikan kesiapan stok dan infrastruktur dalam menghadapi Iduladha. Kami berkomitmen untuk menjaga ketersediaan energi bagi masyarakat. Terminal Jakarta ini sangat penting untuk pendistribusian energi nasional,” jelas Simon.

“Stok BBM dan LPG aman. Kami terus memastikan kesiapan operasional dan infrastruktur agar pelayanan kepada masyarakat tetap optimal,” tambahnya.

Selama kunjungan, Dewan Komisaris dan Direksi Pertamina memberikan apresiasi kepada seluruh tim Pertamina yang telah bekerja keras dalam memastikan distribusi energi nasional siap menghadapi Iduladha.

“Kami mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada seluruh tim Pertamina yang telah memastikan kesiapan stok dan penyaluran energi pada momen Iduladha,” tutup Simon.

Integrated Terminal Jakarta Plumpang merupakan bagian dari jaringan terminal yang mencakup Fuel Terminal Plumpang, Fuel Terminal Tanjung Priok, dan LPG Terminal Tanjung Priok. Ketiga terminal ini bekerja sama untuk memastikan kelancaran pendistribusian energi di wilayah Jawa bagian Barat, yang melayani lebih dari 1.000 SPBU.

“Kami meninjau lokasi pengisian dan sistem digitalisasi yang memonitor semua aktivitas. Ini penting untuk menjaga transparansi dan mencegah penyimpangan,” tambah Simon.

Setelah kunjungan ke ITM Plumpang, inspeksi dilanjutkan dengan meninjau SPBU 31.143.01 di Jl Yos Sudarso, Sunter, Jakarta, serta Fuel Terminal Cikampek untuk memastikan kesiapan dan distribusi pasokan BBM di wilayah Jawa Barat.

Komentar