Pembangunan Lapangan Upacara di IKN Capai 70 Persen, Target Rampung Juli 2024

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan bahwa pembangunan lapangan upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mencapai 70 persen. Lapangan upacara ini ditargetkan selesai pada Juli 2024.

“Progres lapangan upacara sudah mencapai 70 persen. Setelah ini kita akan lanjut ke tahap interior, dan diharapkan pada bulan Juli, insya Allah, semuanya siap,” ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Jumat (14/6).

Menurut Diana, lapangan upacara tersebut dirancang untuk menampung sekitar 4.000 orang.

“Lapangan ini bisa menampung lebih dari 4.000 orang saat upacara, tetapi jumlah pasti undangan masih dikoordinasikan dengan Setneg. Tugas kami adalah menyiapkan lapangannya,” jelas Diana, dikutip pada Sabtu (15/6).

Diana juga menyebutkan bahwa pada 1 Agustus 2024, akan diadakan kegiatan zikir nasional di lapangan upacara IKN.

“Akan ada zikir nasional pada tanggal 1 Agustus,” tambah Diana.

Selain itu, Dirjen PUPR juga melaporkan bahwa pembangunan kantor presiden telah mencapai 84 persen.

“Kantor presiden progresnya sudah mencapai 84 persen, dan tahap interior juga sudah dimulai,” lanjutnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya memutuskan bahwa upacara HUT Ke-79 RI akan diadakan di dua lokasi, yakni IKN dan Istana Kepresidenan di Jakarta, sebagai bagian dari masa transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN.

Menurut Presiden, setelah ada keputusan presiden (keppres) mengenai pemindahan ibu kota, maka upacara 17 Agustus 2025 akan sepenuhnya dilaksanakan di IKN.

“Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan. Jadi, di sini (Jakarta) tetap dilakukan, di sana (IKN) tetap dilakukan,” ungkap Jokowi beberapa waktu lalu.

Komentar