Perkuat Pertahanan Menghadapi China, Australia Mau Beli Kapal Selam Nuklir AS

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Australia berencana untuk mengakuisisi kapal selam bertenaga nuklir dari Amerika Serikat (AS). Kesepakatan multimiliar dolar ini diungkapkan oleh mantan menteri pertahanan Australia Peter Dutton.

Dutton mengatakan dia telah merencanakan untuk membeli dua kapal selam kelas Virginia dari AS pada 2030 dan membangun delapan kapal selam lagi sehingga total kekuatan armada menjadi 10.

Proyek ini merupakan upaya Australia untuk memperkuat pertahanannya dalam menghadapi China yang makin agresif di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping.

Dutton, yang memimpin oposisi setelah koalisi konservatifnya kalah dalam pemilihan Mei, mengatakan menjadi “jelas” baginya sebagai menteri pertahanan bahwa kapal selam AS adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan milik Inggris.

Pengungkapan Dutton dalam sebuah artikel untuk The Australian tampaknya ditujukan untuk mendorong pemerintah baru agar mengikuti rencananya tersebut.

Namun, Pemerintah Australia mengecam komentar oleh Dutton. Menteri Pertahanan dan Wakil Perdana Menteri Richard Marles mengatakan komentar Dutton, yang sekarang menjadi pemimpin oposisi, merusak kepentingan nasional Australia.

Komentar