Prof. (HC-UNS) Dr. Bambang Sugeng Rukmono Resmi Jadi Guru Besar Kehormatan di UNS

JurnalPatroliNews – Jakarta – Haryo Mataram Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jaksa Agung Muda Pembinaan Prof. (HC-UNS) Dr. Bambang Sugeng Rukmono, S.H., M.M., M.H. resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar Kehormatan di Bidang Hukum Pidana Korupsi dan Pemulihan Aset di Fakultas Hukum (FH) UNS.

Penganugerahan gelar guru besar kehormatan ini membuat Prof. Bambang Sugeng Rukmono terikat untuk mengabdi di UNS, membagikan ilmu dan keahliannya demi kemajuan civitas akademika.

Pengangkatan ini sesuai dengan Peraturan Mendikbud Ristek Nomor 38 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Profesor Kehormatan pada Perguruan Tinggi.

Karir Prof. Bambang Sugeng Rukmono dimulai sebagai Pegawai Kejaksaan pada tahun 1989. Kini, ia menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Pembinaan di Kejaksaan Agung RI. Dalam pidato inagurasinya yang berjudul “Mewujudkan Central Authority Menjadi Bagian Integrated Justice System Di Bawah Kewenangan Kejaksaan Sebagai Upaya Optimalisasi Asset Recovery”, ia menekankan pentingnya central authority dalam sistem keadilan terintegrasi untuk mengoptimalkan pengembalian aset hasil korupsi yang berada di luar negeri.

“Pengembalian aset negara sesuai dengan teori kemanfaatan sebagai tujuan hukum, dimana aset yang dikembalikan akan bermanfaat untuk mensejahterakan masyarakat. Proses birokrasi yang kompleks sering kali menghambat pengembalian aset hasil korupsi dari luar negeri, melemahkan penegakan hukum,” kata Bambang di Auditorium G.P.H. Jumat, (28/6/24).

Prof. Bambang Sugeng Rukmono, yang juga alumni Fakultas Hukum UNS angkatan 1983, menyatakan bahwa banyak negara maju, seperti Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Filipina, telah menempatkan central authority dalam sistem keadilan terintegrasi di bawah Kejaksaan Agung.

Gagasan ini, jika diterapkan, akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan hukum pidana di Indonesia.

“Prof. Bambang Sugeng Rukmono berharap pencapaiannya dapat menginspirasi generasi muda, khususnya mahasiswa UNS, untuk terus berkarya dan berinovasi demi kemajuan ilmu pengetahuan,” tutupnya.

Komentar