Real Time, BMKG Pantau Sesar Lembang 24 Jam, Potensi Gempa Magnitudo 7

JurnalPatroliNews – Bandung,- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau secara real time sesar Lembang, menyusul potensi bencana gempa bumi di sesar ini antara magnitudo 6 hingga 7.

“Kami BMKG selalu memantau pergerakan sesar lembang selama 24 jam,” jelas Staf Observasi Geologi Gempa Bumi di Stasiun BMKG Bandung, Ajeng Marina Utami pada acara Bandung Menjawab di Taman Dewi Sartika, Kota Bandung, Rabu (30/11/2022).

BMKG memasang sekolah alat deteksi gempa dan pergerakan tanah. Selain itu, BMKG juga memantau secara jarak jauh, sesar sepanjang 29 Km dari Bandung Barat hingga Tanjungsari.

Menyusul terjadinya gempa Cianjur akibat sesar Cimandiri, Ajeng memastikan sepanjang tahun 2022 tidak ada pergerakan di sesar Lembang yang signifikan. Kendati ada beberapa pergerakan seismik yang mengakibatkan gempa kecil.

“Sejauh ini belum ada aktivitas sesar Lembang. Tahun ini hanya gempa-gempa kecil, untuk pergerakan di Lembang itu terus kita pantau. kalau tahun ini belum ada pergerakan signifikan,” jelasnya.

Ajeng meminta masyarakat agar tetap waspada akan potensi bencana gempa di wilayahnya. Dia pun meminta Pemerintah daerah di garis sesar Lembang untuk segera membenahi jalur dan rute evakuasi jika terjadi gempa. Serta menata perumahan di sekitar sesar.

“Kami harapkan segera memasang rambu-rambu evakuasi agar ada langkah mitigasi untuk masyarakat,” ungkapnya.

Komentar